Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Tuesday, 19 August 2014

Awal Nge Blog

      No comments   
Belum maksimal sih scrolling wall-nya grup Kumpulan Emak Blogger di facebook. Bulan lalu saya dapat notif ditimpukin Libster Award sama salah satu emak anggota grup. Karena belum sempat nulis, belum saya balas, eh gilirannya udah mau nyari postingan para emak udah ngebanjirin grup. Luar biasa para emak ini, posting hampir tiap hari. 

Karena engga nemu, kali ini saya mau berbagi cerita sejak kapan saya nge-blog. Well, ini salah satu pertanyaan yang diajukan si emak di antara pertanyaan lainnya. Lagipula saya belum pernah menceritakannya kan? Ahaha mungkin engga penting bagi sebagian orang, tapi ini cara saya merekam jejak :-) 

Nah sesuai arsip yang ada, saya udah mulai aktif nge blog di blogspot sejak tahun 2007 yang artinya ketika itu saya berusia 17 tahun. Awal pembuatan akun di blogspot adalah bagian dari percobaan saya mempraktekkan apa yang saya baca di majalah. Fyi, hampir setiap minggu saya membeli majalah - majalah bekas di sebelah Swalayan Pinang Lestari. Lumayan, untuk kantong anak sekolah yang cuma dapat sekian ribu dari orang tua buat jajan. Setelah dipotong uang transportasi, uang itu saya simpan buat beli majalah. 

Ketika itu selain aneka yess! majalah remaja yang informatif menurut saya (yang isinya ga cuma iklan dan berita artis) adalah keren beken dan teen. Eh ini disebut apa? Mungkin bukan majalah tapi tabloid. Di Teen, ada kolom informasi tentang teknologi dan internet. Di sinilah saya mendapatkan informasi tentang blogger.com

Pada suatu kesempatan, pulang sekolah  bersama teman - teman kami pergi ke warnet. Nah, selain memeriksa friendster (medsos yang populer saat itu) saya mulai membuat blog melalui blogspot. 

Di awal pembuatannya bahkan sebenarnya hingga kini saya ingin menjadikan blog ini sebagai catatan warisan yang bermanfaat, untuk siapa saja. Selain itu tentunya juga menjadi catatan harian. 

Orang - orang ga akan bikin sebuah situs pribadi kalo engga suka nulis. Well, ini di luar alasan dan kebutuhan seorang publik figur ya. Yang saya pahami hari ini adalah seseorang bisa terkenal melalui tulisan dan bila ingin mengenal karakter seseorang lihatlah bagaimana cara ia menulis. 

Karena itulah hingga hari ini blog ini saya tujukan buat mereka yang ingin mengenal saya. Ahaha bukan apa - apa saya menyadari bahwa ada orang - orang yang ingin mengenal saya baik sebagaimana saya juga ingin berkenalan dengan orang - orang. Blog merupakan sarana yang bisa memudahkan itu. 

Selain itu nge blog adalah cara saya untuk menyampaikan sesuatu yang baik yang mungkin bisa menginspirasi orang lain. Yang bisa membuat seseorang menjadi lebih baik, untung - untung mendapat hidayah dan kebaikan lainnya. Siapa sih yang ga mau jadi jembatan buat kebaikan orang lain. Kalo bicara soal pahala atau imbalan yang kita dapat engga main - main. Dijamin langsung sama Allah SWT, ganjaran yang besar, lebih besar dari langit, bumi dan seisinya. 

Juga, semangat nge blog ini terus tumbuh mengingat tiga hal yang ga akan putus saat kematian datang menjemput saya. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh. Hari ini saya berpikir mana dari ketiga hal itu yang paling mungkin bisa saya lakukan. 

Berhubung saya adalah seorang yang belum menikah dan punya anak, tentu saya tak bisa mengharapkan akan ada anak - anak sholeh yang akan doain saya saat saya mati kelak. Berharap banyak pada murid - murid semoga mereka masih mengingat saya sebagai gurunya. 

Kemudian, untuk sedekah jariyah, saya menyadari bahwa saya bukanlah seorang yang memiliki banyak harta. Karena itulah, saya mengambil poin ilmu yang bermanfaat. Sadar atau tidak bagi kita yang masih meneruskan tradisi membaca, menulis dan berdiskusi adalah termasuk golongan orang - orang yang menggali ilmu. 

Orang - orang ini adalah orang yang berilmu, meski ilmu yang kita punya tingkatannya beda - beda, toh alhamdulillah kita masih berada dalam golongan itu kan. 

Ketika ilmu yang kita dapatkan dituliskan, ada satu harapan besar tulisan itu akan dibaca kemudian bernilai kebaikan dan diamalkan oleh orang yang membaca. Nah, sadar atau tidak, kebaikan kita akan bertambah. Teruuuus bahkan saat nyawa tak lagi di badan. 

Dalam perjalanannya, untuk terus menulis di blog memang tak mudah. Ada kendala yang saya hadapi seperti tidak adanya ide untuk menulis, tak punya waktu luang untuk menulis, terbatasnya kuota, tak ada waktu untuk ke warnet atau laptop yang bermasalah. Meski demikian, saya selalu mengingat bahwa ini adalah rekam jejak saya. Bagaimana pun tak akan ada orang lain yang akan menulisnya selain saya sendiri. 

Oh ya blog ini pernah saya anggurkan selama hampir setahun karena kegiatan sekolah yang begitu padat jelang ujian nasional. Ditambah lagi saya juga lupa apa password nya hehehe... Nasib baik setahun kemudian ingatan itu kembali :D 


0 comments:

Post a Comment