Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Tuesday, 26 August 2014

Keluarga Mak Uwo

      No comments   


Mak Uwo dan ayah

Bang Oyon dan Bang Adi beserta istri dan anak - anaknya datang dari Batam untuk silaturahim. Nampaknya Bang Oyon yang sebenarnya tinggal di Padang ambil cuti jatah lebaran kemarin. Yaa lebih baik gitu kan, ongkos perjalanan juga lebih murah dan ga dikejar - kejar waktu buat kembali ke tempat kerja. 

Bang Oyon dan Bang Adi itu sepupu aku dari pihak ayah, yaa mungkin kalo hitungannya sepupu tiri kali ya karena beda kakek. Kapan - kapan deh bikin silsilah dan sejarah keluarga di sini, itung - itung jadi autobiografi kan ya. Hehehe... 

Mereka ini anak Mak Uwo yang dulunya ketika di Padang tinggal di Air Tawar (Aia Tawa kata orang sana) di rumah penjaga sekolah dan sekaligus kantin. Yaaa almarhum Pak Uwo itu jaga sekolah SD di sana, nah Mak Uwo sekalian bikin kantin. 

Mereka ini bersaudara banyak banget. Kalo aku ga salah hitung ada Da Ul (Uda Samsul), Uni Mira, Uni Santi, Bang Oyon, Bang Rio dan Bang Adi, totalnya ada 6 orang. Beuuuhhhh untunglah kecil - kecil dulu aku sering main ke rumahnya. Kalo engga alamat samppe sekarang aku akan kebalik - balik ngafalin namanya.

Nah di antara saudara ayah yang lain, Mak Uwo yang juga kakak tirinya adalah yang paling sering dijabanin. Ga tahu kenapa sih. Menurut aku karena keluarga ini asik banget. Mereka hidup sederhana tapi ga sombong, bukan aku ngatain keluarga lainnya sombong. Mereka baik, kalo ada konflik biasa lah namanya juga keluarga BESAR. Oke mereka benar - benar keluarga besar. 

Bang Adi

Sampe sekarang nih, anak - anaknya Mak Uwo itu mulai dari Da Ul sampe Bang Adi engga pernah ninggalin sholat. Beneran salut!! Padahal kalo dipikir kehidupan mereka udah menengah ke atas. Mereka tetep humble. Sesuatu yang sangat aku suka. 

Di antara 6 bersaudara itu, ketika kecil aku ya sering mainnya sama Bang Rio dan Bang Adi, dua anak paling buncit. Lebih seringnya sih sama Bang Adi, makanya seneng aja dengan Abang ini. Karena waktu itu Bang Oyon udah jadi remaja - pemuda gitu jarang di rumah. Apalagi yang di atasnya. 

Ketemu mereka lagi setelah hampir 10 tahun ga pulang - pulang ke Padang adalah ketika lebaran tahun 2011 lalu. Waaah blink blink cling cling ini mata liat perubahan mereka hehehhe.... Gimana engga, udah pada ganteng n gagah semua. Sampe Mak Uwo bilang, "Baliak ka bako se lah za". 

Baliak ka bako  itu maksudnya kembali ke bako. Jadi kalo istilahnya bako itu sodara dari pihak ayah. Maksudnya aku dinikahkan sama sepupu dari pihak ayah. Waaah kalo modelnya begitu aku ga bakalan nolak karena secara agama mereka sudah bagus. Tapi ya ga jodoh tuh hahahha..... 

Sekarang semuanya udah nikah kecuali Bang Rio. Da Ul tinggal di Qatar sama istri dan anak - anaknya. Ini yang bikin aku terkaget - kaget. Kemarin dengernya beliau ada di Papua trus pindah ke Tangerang, eeeh sekarang ada di Qatar. Masya Allah banget ini Uda, aku salut. 

Bang Oyon
Anak yang kedua, Uni Mira tinggal di Batam, nama suaminya Bang Deni, yang gokil n sukses bikin kami kepingkal - pingkal terus. So humble. Bang Adi juga tinggal di Batam, istrinya pake cadarrrr..... Kalo aku tebak sih Bang Adi ini gabung di Salafi. Soalnya beberapa kali ke Tanjungpinang yang waktu itu pas ada kajian yang aku dengar dari salafi. Yaaa semoga yang baik. 

Mungkin ini juga yang bikin dia kaget waktu aku nyaleg. Tapi dia menunjukkan sikap mendukung aja sih, inilah kenapa bang Adi itu jadi abang favorit akus ama Usup. 

Nah Uni Santi yang nikah sama bang Rafli tinggal di Duri. Suaminya kerja di hotel, aku pikir punya jabatan cukup tinggi dan tampaknya berbahasa Inggris aktif. Wah, luar biasa!! Nah Bang Rio yang awalnya di Batam sekarang udah pindah ke Yogyakarta. Di antara keenam orang ini cuma bang Rio yang dikuliahkan :-)

Bang Oyon, Bang Adi, Qisthi anak Uni Santi dan suaminya Bang Raffli
Kini Mak Uwo yang udah sakit - sakitan tinggal di Batam bersama Ni Mira. RUmahnya yang di Padang (mereka beli rumah baru di kawasan Lubuk Buaya) dihuni sama bang Oyon dan Istrinya. Sakit gula yang diderita Mak Uwo, sempat bikin Mak Uwo pake kursi roda beberapa waktu lalu. 

Semoga Mak Uwo diberi kesehatan dan kesempatan untuk pergi ke Qatar dan melanjutkan untuk ibadah umroh bersama Da Ul bulan depan. Aku yakin, Pak Uwo yang sudah almarhum mendapatkan apa yang ia investasikan pada anak - anaknya. Semuanya SHOLEH!!!

0 comments:

Post a Comment