Thursday, 16 June 2022

Review Fim Tower Heist (2011)


Tertarik nonton ini karna dijudulnya ada kata Heist hehhe mungkin berharap ini kaya Money Heist kali ya. Intinya ffilm tentang perampokan ala ala Robin Hood. Ngerampok orang kaya yang udah ngambil hak banyak orang. 

Tower Heist dibintangi Ben Stiller, spesialis film komedi. Meskipun sebenarnya film ini ga komedi komedi amat, g juga action amat. Separoh separoh taapi menarik lah, menghibur. Ada Eddy Murphy juga. Di awal g ngeh kalau dia akan jadi tokoh penting ddi sini karna di sscene awal dia cuma kaya tunawisma yang tinggal di sekitar rumah Ben dan nyapa dia tiap pagi. Eddy sendiri di sini berperan sebagai pencuri yang sering keluar masuk penjara. Ada juga Casey Affleck yang ternyata emang beneran sodaranya Ben Affleck tapi wajah mereka g begitu mirip. 

Ceritanya Josh (Ben Stiller) adalah manager umum di ssebuah gedung tempat tinggalnya orang orang kayaa. Dia adalah karyawan andalan dan semua pegawai di sana menyukainya. Ga heran dia pun jadi orang kepercayaan dan akrab dengan ssemua penghuni terutama Arthur Shaw (Alan Alda) yang tinggal di Penthouse (gedung paling atas). Arthur adalah seorang pengusaha kaya raya Wall Street. Wall street kaya pusat saham deh kayanya, setidaknya itu yang kupahami dari beberapa film yang pernah kutonton. Mereka jual beli saham dan banyak broker yang kaya raya dari bisnis ini.

Di gedung itu ada satu broker yang bangkrut namanya Chase. Ia harus meninggalkan apartemennya karna semua hartanya udah disita bank. Selain itu juga ada Cole (Casey Affleck) yang merupakan adik iparnya Josh. Juga pegawai baru Rick (Michael Penaa) yang bertugas di bagian elevator. 

_______________________

Nah suatu hari FBI nangkap si kakek penghuni penthouse karna menjaadi tersangka penipuan saham. Selama dua hari dia ditahan dan dapat keringanan untuk jadi tahanan rumah sam FBI. 

Berita penangkapan si kakek ini bikin heboh gedung beserta pegawainya. Si manajer umum juga donk, g ada yang nyangka kalau kakek kakek ini bakalan nipu. Pasalnya si manajer umum udah invest seluruh uang pensiuanan pegawai di sana, berharap itu berlipat ganda. Eh sekarang zonk lah semua. Sampai ssampai bapak penjaga pintu mau bunuh diri ditabrak kereta karna rencana dia keliling ddunia sama pacarnya dengan uang penssiun jadi gagal total.

Waktu tau si bapak penjaga pintu berusaaha bunuh diri dan sekarang dirawat di rumah sakit, si manajer umum ngamuk dan pergi ke penthouse menemui si kakek penipu. Dia, si penjaga lift dan sodara iparnya massuk ke penthousse dan bikin keributan di sana dengan ngancurin barang barang pake tongkat golf. Ujung ujungnya ketiga orang ini dipecat hahaha 

Sodara iparnya Josh ngamuk karna merasa g adil. Dia g ngapa ngapain tapi ikut dipecat. Kata bosnya, dia g mencegah Josh jadi dia sama aja... Kesian banget mana istrinya mau lahiran 

________________________

Setelah dipecat muncullah ide untuk ngerampok penthouse sama si Josh. Diaa ingat saat si kakek penipu ngerehab penthousenya. Ada sebuah dinding yang g dirobohkan dan di dalamnya terdapat brankas. Makanya mereka mau ngerampok brankas yang isinya 20juta dollaar itu. Jumlah yang cukup untuk mengembalikan dana pensiun para pegawai. 

Dibentuklah tim sebanyak 4 orang. Josh, si penjaga lift, sodara iparnya dan broker bangkrut. Sodara iparnya ragu ragu sih karna g mau terlibat masalah lagi. Tapi memikirkan biaya lahiran dia keder juga dan akhirnya ikut berpartisipasi. Mereka pun butuh pencuri beneran untuk bantu mereka masuk. 

Josh pun memilih preman yang tiap hari nyapa dia di jalanan.Satu tim lagi adalah salah satu pegawai perempuan di gedung itu yang lagi butuh uang juga untuk memperpanjang visa kerjanya. Dia ini ahlinya membuka kunci termasuk kunci brankas. 

Rencana mereka pun dimulai saat hari Thanksgiving karna di hari itu ada keramaian di depan gedung. Ada pawai dan balon balon besaar.

Nah karna ini film komedi action jadi cukup menghibur lah. Ada plot twist juga tentang keberadaan uang 20juta dollar itu. 

Yang suka film perampokan ini bisa kok ditonton bareng bareng. Eddy Murphy lagaknya di sini kejam kejam lucu. Sok keras tapi kalah saing sama cewe ahli kunci hahaha



Sunday, 12 June 2022

Kacamata Superhero


Minggu 12 Juni 2022

Farah minta untuk dilepaskan kaca bagian depan helmnya yang udah antah berantah. Dan inilah karya nya bernama Kacamata Superhero yang mungkin terinspirasi dari kartun Supreme Family. 

Good job! 

Tambahan kegiatan lainnya: 
Foto keluarga

Tempelan random




Tuesday, 7 June 2022

Review Film Searching (2018)


Selama kita menonton film ini, kita menontonnya melalui kamera di komputer. Dari menit awal kita disuguhi kegiatan sebuah keluarga kecil Kim, Pam dan Margot. Kita diperlihatkan bagaimana keluarga ini membuat banyak video kenangan yang kemudian mereka upload di youtube. Komputernya sendiri memiliki 3 akun untuk masing masing anggota keluarga. 
Kita melihat kursor bergeser dari aktivitas satu akun ke akun yang lain. Akun Kim lebih banyak soal pekerjaan. Margot sang anak dipenuhi dengan folder perkembangan nya hingga kegiatannya di sekolah. Sementara Pam ada email masuk dari dokternya berisi jadwal pemeriksaan. 

Keluarga ini sangat bahagia hingga sang ibu, Pam divonis kanker oleh dokter. Sejak itu hidup mereka berubah dan Pam harus bolak balik ke rumah sakit. Ia menghembuskan nafas terakhir saat Margot duduk di kelas 2 SMP. 

Lalu komputer memperlihatkan masa kini di mana Margot sudah duduk di bangku SMA. Kim sedang melakukan face time d3ngan Margot menanyakan kapan ia pulang dan menyuruhnya untuk membuang sampah. Saat itu Margot bilang kalau ia akan pulang tengah malam dan sekarang sedang berada di rumah temannya untuk mengerjakan proyek biologi mereka. 

Setelah itu masalah pun dimulai.... 

Tengah malam Margot menelpon ayahnya berkali kali. Juga mencoba menghubungi via fcae time. Sayangnya Kim sudah terlelap dan tak mengangkat panggilan itu. 

Paginya Kim tak melihat Margot dan menlpon putrinya kembali. Ketika tak diangkat ia hanya meninggalkan pesan. Ia pikir Margot sudah kembali ke sekolah pagi pagi sekali. Tapi ia mendapati sampah belum dibuang sama sekali. Ia pun berpesan pada Margot untuk segera mengerjakannya begitu pulang nanti. 

Kim melalui hari seperti biasa sambil sesekali memeriksa apakah Margot sudah membaca pesannya. Tapi hanya 'delivered'. 

Kim pun mulai resah ketika telp Margot tak aktif. Dia menelpon adiknya untuk menanyakan Margot dan apakah ia harus menelpon polisi. Adik Kim menyuruhnya untuk menghubungi teman teman nya dulu. 




Saat itulah Kim menyadari jika selama ini ia tak mengetahui tentang Margot sama sekali. Siapa temannya dan apa kegiatan. Sejak Pam meninggal ia tak banyak berkomunikasi dengan Margot. 

Kim menelpon sekolah Margot dan terkejut ketika pelatih mengatakan Margot sudah berhenti sekolah 6 bulan yang lalu. Padahal selama itu Kim selalu memberikan uang bulanannyaa, lalu kenapa Margot berhenti dan ke mana uang yang diberikan ayahnya. 

Kim mulai menelusuri kontak teman teman Margot melalui daftar kontak di akun Pam. Sebagai ibu, Pam menyimpan data putrinya sangat detail. Nama teman sekolah, alamat, no hp dan orang tua mereka ada di dalam data itu. Kim menelepon salah satu teman yang tampaknya menjadi teman akrab Margot. Namun rupanya mereka sudah lama tak berteman. Meski hari itu Margot seharusnya ikut kemping bersama mereka, Margot tak datang. Dan alasan Margot diajak bukan karna mereka akrab melainkan karna ibu mereka berteman baik. Ibunya mengasihani Margot sejak Pam meninggal.

Selain itu Kim pun mencari petunjuk lainnya melalui teman di facebook, ia menganalisa datanya dan memberikannya pada detektif untuk keperluan penyelidikan. Selain facebook ia juga membuka situs yang sering dikunjungi oleh Margot dan dari sanalah ia mendapat petunjuk petunjuk mengenai keberaddaan Margot.

Hilangnya Margot menjadi pemberitaan di berbagai media. Terlebih lagi saat mobil Margot dditemukan tenggelam di danau yang sssering ia datangi. Detektif yang menangani kasus ini menjalankan tugasnya tapi jasad Margot masih belum ditemukan. Ia berkessimpulan bahwa Margot melarikan diri dari rumah. 

Namun dalam penyeliddikan selanjutnya diketahui bahwa Maargot dinyatakan ssudah tewas.

Kim sangat terpukul dengan kenyataan ini. Polisi juga tak bisa berbuat apa apa karna mereka telah menelusuri seluruh wilayah yang diduga tempat hilangnya Margot.

Film ini menarik dan di menit menit terakhir kita dissuguhkan sebuah plot twist yang tak terduga mengenai kasus Margot.

Aku g akan sspoiler supaya kalian menontonnya sendiri. Dari awal aku sudah menebak ini dan itu kemungkinan apa yang terjadi pada Margot. Tapi ternyata ssemua berubah saat Kim mengupload foto Margot ke rumah pemakaman. 


Btw, Kim menyelidiki apa yang terjadi pada putrinya kebanykan melalui jejak digitalnya. Akun facebook, bank, situs tempat dia biasa live dan kata pencarian yang sering diketik putrinya. Juga saat menemukan sebuah nama ia juga menyediliki orang itu di internet. Jejak digital tak bisa hilang. Apa yang pernah kita upload, tulis terekam dengan jelas dan dapat ditelusuri dengan mudah. 

Well, selamat menonton !

Sunday, 5 June 2022

Review Fim Pride and Prejudice (2005)

*Repost dari IG aku... Silahkan follow ya @azizahnazi


Ada beberapa alasan kenapa mau menonton ini. Kalau dilihat dari genre romance nya, ini bukan tipe film yang suka aku tonton. Alasan paling utama adalah karna Keira Knightley 😅 

Ketika mau nonton aku selalu liat dulu siapa pemainnya setelah itu baru karna ceritanya. Hampir selalu begitu. Kedua, karna ini diangkat dari novel karya Jane Austen yang katanya sangat terkenal. Aku belum baca novelnya. Hanya Harry Potter dan Ayat Ayat Cinta film yang ku tonton setelah melahap novelnya. 


Ceritanya sendiri menurutku hampir sama dengan lainnya. Istilahnya benci benci jadi cinta 😅 


Seperti gadis gadis lainnya di zaman itu, Elizabeth Benneth sangat antusias ketika mendengar ada pesta atau ada tetangga baru yang ganteng dan juga kaya. Semua gadis berharap menjadi istrinya. Tetangga baru itu adalah Tuan Bingley. 


Ia hadir di pesta bersama saudara perempuannya dan seorang teman bernama Tuan Darcy. Anak anak orang kaya. Namun, Bingley lebih ramah sementara Darcy dan sodara Bingley sangat angkuh. 


Di pesta itu Elizabeth sudah ilfeel dengan Darcy, demikian sebaliknya. Bingley malah jatuh cinta pada Jane, kakak Elizabeth. Dari awal Elizabeth memang tidak melirik Bingley. 


Setelah pesta itu ibu mereka berusaha untuk terus mendekatkan putrinya ke Bingley. Jane dan Bingley memang jatuh cinta namun Darcy merasa Jane tidak serius. Ia pun memutuskan hubungan mereka dan pindah ke kota. Kebencian Elizabeth semakin menjadi mengetahui fakta ini apalagi kejadian ini membuat kakaknya selalu murung. 


Entah bagaimana ketika Elizabeth dan Darcy bertemu lagi, Darcy menyatakan keinginannya untuk menikahi Elizabeth. Seriously, adegan ini lucu tapi bikin senyum senyum. Darcy yang kaku dan juga angkuh nyatain cinta. 


Demi membuktikan keseriusannya, Darcy mulai memperbaiki apa yg ia rusak demi mendapatkan Elizabeth. Yaaa prosesnya so sweet dan bikin senyum2. Hepi ending kok


Aku suka film ini karna settingnya, eropa jaman dulu. Di kala cewe2 tersiksa dg korset mereka demi mendapatkan bentuk tubuh yang cantik yang dibungkus gaun indah. 


Aku penasaran, dengan lapisan yang banyak itu gmana klo mereka kebelet pipis 😄😄😄 


#gerimis30hari #gerimis_juni_04

@gerimis30hari @ellunarpublish_

Thursday, 26 May 2022

Review Drama Korea Doctor Prisoner

 Mau nonton drama ini sejak drama Sky Castle tamat karna bapak si kembar kembali jadi penjahaynya di sini. Tapi baru ditonton beberapa waktu yang lalu dan lumayan sih ceritanya. 

Oh ya, ternyata pemeran utamanya Nam Goong Min hehehe ga ngeh kalo itu dia di posternya. Mungkin rambutnya agak beda ya, cuma agak mirip waktu dia main di Stove League. 

Btw Nam Goong Min salah satu aktor yang aku ikutin dramanya sejak dia jadi villain di The Girl who Sees Smells. Ditambah lagi waktu dia di Stove League karna drama itu beneran sangat bagus. Rekomendit sekali untuk ditonton. 

Nah Doctor Prisoner ini dari awal udah jelas tujuan aktor utamanya. Siapa yang mau dijatuhkan dan para penjahat yang terlibat. 

Yang menarik, sebanyak 16 episode kita tu kaya disuguhi strategi mereka. Kadang main lead menang kadang villainnya yang di atas angin. Jadi tetap menarik untuk diikuti

Ceritanya juga baru buat aku, menyorot dokter penjara. Ternyata profesi apapun bisa disalahgunakan untuk keburukan. Dokter penjara yang mungkin kebanyakan dokter g mau ditugaskan di sini ternyata malah jadi lahan basah. 

Dokter penjara bisa memanipulasi penyakit pasien bahkan memberikan perawatan agar pasien didiagnosis 0enyakit tertentu yang nantinya narapidana ini dapat dispensasi untuk dirawat di rumah sakit. 

Bagi tahanan tertentu ini bisa jadi kesempatan untuk menikmati kebebasan apalagi klo mereka itu pejabat atau orang kaya yang punya kekuasaan. Status mereka mungkin pasien tapi kenyataannya mereka bisa pergi ke mana mana sesuka hati. 

Di drama penjara yang lain dokter penjara g terlalu disorot makanya drama ini buat aku cukup segar krna penjara g melulu soal sipir dan tahanan. 


Selamat menonton! 

Saturday, 21 May 2022

Bacrit

 Jam 9 malam aku keluar untuk pergi beli mie instan di warung dekat rumah, untunglah belum tutup. Biasanya jam 10an malam sih tutupnya. Aku bisa dengar dari rumah kalau mereka nutup kedai karna akan ada suara rantai yang digunakan untuk mengunci pagar. Suaranya khas dan lumayan keras. Aku pernah diceritakan oleh tetangga lainnya kadang bunyi itu mengagetkan karna memang rantainya lumayan panjang dan berat. Aku sering memegang dan mengangkat rantai itu kalau beli gas. Biasanya rantai itu diletakkan di atas gas. Mungkin untuk antisipasi kalau kalau ada yang mencuri tabung gas. Dengan adanya rantai itu, bunyinya akan bikin yang nyuri kaget hahahah


Aku beli mie instan karna nasi habis dan aku belum makan. Bisa aja masak lagi tapi agak malas karna aku ga pake rice cooker lagi, masaknya di kompor. Jadi kalau masak lagi yang nasi nya akan sisa untuk besok pagi dan ada kemungkinan basi. Mubazir kan. Kuputuskan untuk masak mie rebus ajaaa. sebenarnya kalau cuma satu porsi nasi, aku akan pergi ke rumah Uni aja minta nasinya. TApi karna udah malam dan kupikir mereka juga udah tidur.


Saat memasuki pagar aku mendengar tetangga depan sedang bicara dengan anaknya dengan nada bercanda. Mamaknya bilang, "Ah bacrit kau, banyak cerita". 


Hehehe maklumin ya gaes, tetanggaku kebanyakan orang batak jadi di sini pakai panggilan 'kau' itu biasa aja. Buat yang g pernah pakai pasti terdengar kasar, tapi bahasa mereka kan memang seperti itu. Walau terdengar kasar, mereka baik baik kok insya Allah...


Setelah dengar itu aku baru ngeh kalau ternyata kata bacrit yang selama ini aku tau, itu tuh kepanjangan dari 'banyak cerita'


Hahahahha geli sendiri memikirkan hal ini. Dulu sering sih dengar kata ini waktu masih kecil, sekolah. Teman teman banyak yang pakai dan kata ini emang buat candaan. Mungkin ssebagian orang akan merassa g enak tapi buat kami yang tinggal di daerah Melayu, kata bacrit itu biasa aja. Jaddi jangan tersinggung yaaa

Friday, 20 May 2022

Jumat, 20 Mei 2022

 Semalam aku pergi ke pasar kaget untuk beli bumbu ayam gulai. Selain itu aku juga beli cabe giling dan bumbu bawang merah bawang putih. Awalnya yang jualan agak keberatan, tapi kubilang, walaupun dikit g apa apa. Bumbu itu agar aku ga repot repot lagi nge blender bawang merah bawang putih untuk bikin nasi atau mie goreng atau tumisan lainnya. Kata abang yang jual, mahal buk.. Hehe iya bang makanya dikasih dikit juga g apa, kan masaknya juga ga sering dan g segambreng. 

Bumbu gulaai aayam kumintaa agar cabenya dikurangi. Kemaren pakai bumbu di tempat mak tipah pedas betulllll, kasian anak anak makan sampe berkeringat. 

Daaaan hari ini berhasiiiil... Gulai ayamnya lumayan dooonk dan kuahnya juga kubiarkan mengental kaya kalio. Pas kukassih ke anak anak alhamdulillah g terlalu pedas, soalnya Farah g komplen tapi makan sampe habiss. Biassanya kalau pedas dia akan bilang pedass dan minta minum terus meneruss.

Untuk temannyaa, kubuat sambalado hijau plus teri bulat. Kali ini cabe hijau bessar dari Pia lebih banyak dan g pake tomat sama sekali. Hmmm cantik ya warnanya dan rasa pedasnya pun mantappppp. Aku makan pakai telor dadar yang udah dicampur cabe sisa kemaren. Walaupun bikin ayam gulai, aku jarang makan ayamnya. Biasanya untuk jaga jaga kalau nti malam ayamnya kurang. Jadi aku bikin telor dadar aja yang mana lebih nikmat daripada ayam hahahha

Kalau bikin ayam gulai gini biasanya aku beli 1paha dan 1 dada ayam di warung, sekitar 20rbuan lah. Dapat 8-9 potong trgantung besar ayamnya. Kentangnya kumasukin dua dan dipotong dadu besar besar, lebih besar dari potongan untuk bikin sop. 

Ayam gulainya ringkas aja. Karna udah ada bumbu jadi, jadi aku cuma tambahin santan, kentang dan dedaunan. Lebih cepat juga masaknya dan bisa ngerjain hal lain sembari ayamnya matang. 


Wednesday, 11 May 2022

Rabu, 11 Mei 2022

 Hari ini hari yang biasa, seperti biasa.

Semalam sebeum tidur bang Rio bilang agar aku tidur lebih awal agar besok (hari ini) bisa pergi pagi pagi ke pasar seken di Marina. Gak tau juga mau cari apa tapi teringat pensil warna anak anak sudah mulai menghilang satu per satu. Hmmm jadi besok itu mau cari penssil warna dan buku mewarnai saja.


Tapi pagi ini kami bangun telat karna aku lupa menaruh HP bang Rio di dekatnya. Biasanya malam hari HP itu dicharge dan jelang aku tidur, kuletakkan di sampingnya. Karna di antara kami bang Rio lebih mudah bangun subuh hehehe


Acara ke seken marina juga gagal karna pagi ini hujan lebat sekali. Kami ragu kalau para penjual akan bukalapak. Dan aku udah malas membayangkan kalau di ssana becek. So jadwal pagi ini adalah tidur lagi setelah subuh xixii... Ketika aku bangun bang Rio sedang bersiap untuk masak mie nasi goreng. Farah seperti biasa juga bangun awal, belum mandi dan udah nonton kartunnya di laptop.


Segera kupergi mandi dan bergegas ke warung untuk beli bahan masak hari ini sebelum bang Rio pergi ngojek. Sessampai di warung, buibu sedang membicarakan tanah wakaf yang tidak kumengerti awalnya. Tapi sembari memilih bahan aku paham juga apa yang sedang dibicarakan hehehe...


Uang 50ribu yang kubawa dari rumah tak bersisa, bahkan kurang seribu rupiah karna aku mengambil beberapa batang daun bawang dan seledri. Hari ini aku mau masak ayam gulai saja dan sambal terasi. Kuambil ayam bagian dada dan paha yang ditimbang sekitar 6ons oleh Uni warung. Entahlah, aku tak bertanya berapa harganya karna biasanya kurang lebih sekitar 20ribuan. Sisanya masih cukup untuk cabe merah, 2buah kentang, kelapa parut, daun salam, serai dan jeruk juga bawang. Kuambil juga cabe rawit dan mie goreng sedap hasil iklan Siwon


Setelah ayam dibersihkan dan dipotong aku segera pulang karna warung semakin dipenuhi ibu ibu lainnya. Sebenarnya seru sih kalo ngobrol dengan ibu ibu, meski aku hanya mendengarkan saja dan sesekali tertawa atas cerita mereka. Tapi pagi ini aku segera pulang karna takut ada orderan gojek yang masuk dan bang Rio menunggu motor yang kupakai terlalu lama.


Begitu sampai di rumah dari pintu depan aku mendengar suara bising dari dapur. Bunyi piring, sendok dan mangkok kaca yang beradu dan menimbulkan suara keras. Kulihat Safa sudah bangun dan sedang nonton bersama Farah. 

"Cari apa bang?" kataku.

"Garpu mana?"

"Ga tau, cuma tinggal 2, sisanya mungkin udah dimainin anak anak". 

Rupanya bang Rio butuh garpu untuk mengocok telur untuk bikin telur dada. Mie nasi goreng memang makin enak kalau pakai irisan telur dadar. Segera kusalin mienas yang sudah dimasak itu agar aku bisa menggunakan kualinya untuk menggulai ayam. Kukeluarkan semua piring kotor untuk dicuci di luar. 

Sebelum mencuci piring Farah dan Safa mandi. Kusiapkan baju kemudian merekapun sarapan mienas tadi. Tak lama Alqi pun bangun. Setelah semua selesai baru lah aku mulai memasak.


Oh ya, kali ini masak ayam gulainya pakai bumbu gulai yang udah kubeli di warung tadi. Biasanya aku racik sendiri tapi kali ini mau coba. Kata Ni Mira dia bikin gulai selalu pakai bumbu itu, nanti ditambahin bawang merah dan putih aja biar rasanya lebih gurih. Dan ternyata emang beda sih rasanya, lebih pekat juga dan yang pasti lebih pedassssssss. Farah, alqi Safa makan sampe berkeringat xixi moga g kapok ya. Soalnya dagingnya udah empuk dan lunak banget jadi gampang dikunyah. 


Hari ini juga mobil sampah datang. Biasanya kemaren hari Senin, sekarang udah hari Rabu aja. Jadwal mereka suka ganti ganti. Tapi ya ga apa yang penting sampah udah diambil 

Review Film 1917


Dua orang prajurit Inggris ditugaskan untuk mengantarkan pesan ke batalion Devons yang berada di luar kota Escort. Pesan berisikan perintah jenderal untuk menghentikan penyerangan ke pasukan Jerman karena itu addalah jebakan. Ada 1600 tentara yang nantinya akan gugur sia sia karenaa penyerangan ini merupakan taktik pasukan Jerman untuk mengalahkan pasukan sekutu.


Berlatar belakang Perang Dunia I di mana di awal film kita sudah disuguhkan kondisi pasukan ssetelah berperang. Mereka beristirahat di dalam parit perlindungan dengan kondisi apa adanya. Sesekali mereka yang sedang istirahat dilewati oleh mereka yang membawa korban luka luka atau yang telah meninggal. 


Adalah Letnan Blake yang mendapat perintah untuk membawa pesan terssebut kepada Jenderal Mackenzie. Ia diminta untuk mengajak satu kopral untuk menemaninya ddalam misi terssebut. Terpilihlah kopral William Scofield yang ssudah berencana pulang beberapa hari ke depan. Blake dipilih karna ia panddai membaca peta ddan mengetahui jalan menuju batalion devons.


Misi ini perlu dilakukan karna mereka terputus komunikasi akibat terputusnya kabel telegram ssehingga haruss mengirimkan orang untuk menyampaikan perintah secara langssung. Mereka haruss cepat karna penyerangan akan dilakukan bessok dan mereka hanya memiliki waktu beberapa jam untuk mencapai lokasi yang melewati garis depan passukan Jerman yang sudah mundur.


Meski Jerman sudah mundur dan meninggalkan barak, tapi mereka meninggalkan banyak jebakan di lubang perlindungan. Ketika Scofield dan Blake menemukan jalan keluar dari sana, seekor tikus tanpa bisa dihentikan menabrak tali peledak dan menghasilkan ledakan yang membuat Scofield tertimbun reruntuhan. Untungnya tidak terlalu parah dan Scofield masih bisa bergerak kembali meski akhirnya tempat itu runtuh dan hancur. 


Perjalanan mereka melewati pada rumput dengan beberapa rumah yang telah menjadi puing. Ketika mereka sedang memeriksa rumah tersebut, mereka melihat beberapa pesawat tempur. Salah satunya tertembak dan jatuh menuju rumah tempat mereka berada. Meski itu adalah musuh, mereka menolong pilotnya keluar dari pesawat yang terbakar. Sayangnya, pilot Jerman itu menikam Blake saat Scofield berusaha mengambil air minum. Blake pun tewas.


Scofield pun melanjutkan perjalanan dengan menumpang mobil yang mengangkut para tentara sekutu yang mundur. Ia diturunkan di sebuah kota karna rombongan para tentara tak melewati rute yang harus ia lalui. Baru saja ia akan menyebrangi jembatan yang telah ambruk, Scofield ditembaki tentara Jerman yang berjaga di sana. Hanya satu orang dan Scofield berhasil melumpuhkannya meski karna itu kepalanya terluka karna jatuh dari tangga. 


Di perjalanan berikutnya ia bertemu dengan seorang gadis yang bersembuyi di ruang bawah tanah bersama seorang bayi yang ia temukan. Ibu bayi itu telah meninggal. Gadis itu merawat lukanya sebelum ia melanjutkan perjalanan.


Film ini dikatakan ssebagai salah satu film perang dengan cinematograafi terbaik. Meski jalan ceritanya sederhana tapi pengaambilan gambarnyaa memang tak biasa. Jadi kalau mau cuci mata, film ini patut untuk ditonton. 


Tuesday, 15 February 2022

Day 1


Halloooo... 

Hari ini 14 Februari 2022yjvb
Tadi pagi bg Rio berangkat sekitar jam 6 ke bandara di antar Abi. Uncu juga datang untuk pamitan dan memberi doa. Tak disangka, Farah juga bangun dan bingung kenapa da Abi dan Uncu juga Abba nya yang udah rapi lengkap d3ngan koper dan ransel. 

Farah cuma salam dan cium Abba nya tapi dengan suasana hati yang ga karuan. Tapi ga dibilang, cuma muka nya aja yang cemberut. Setelah Abba nya pergi baru dia nangis terisak isak. 

"Mau sama Abbaaaaa... " 

Yaahh meledak lah tangisnya. Kuberi air minum dan donat sambil membujuknya. Tak lama kemudian, tangisnya reda. 

"Kalau Farah ga mau tidur, main aja g apa. Tapi jangan berisik ya, biar adek g kebangun karna Ibu mau tidur".

Ya, kepalaku udah berat sekali dan sangat butuh tidur setelah semalaman g berani tidur karna takut ketiduran. Pesawat Abba emang jam 8 pagi, tapi jam 6 udah harus jalan dari rumah. 

Begitu aku merebahkan diri tak lama kudengar lagi isak tangis Farah. Hmmm.. Dia lebih galau dari mamaknya. Kuajak ia untuk ikut tidur lagi. Alhamdulillah dia pun tertidur lagi. 

Btw ini hari pertama Abba pergi ke Kalimantan untuk mengerjakan proyek di sana sama beberapadx temannya. Perkiraan sekitar dua bulan untuk proses awal sebelum lanjut kontruksi, produksi dan proses lainnya. Kami berharap pekerjaan ini berkelanjutan krna jujur, aku masih trauma dengan Cilacap 2018 lalu. 

Jadi meski berharap tapi harus bersiap juga. Doakan yang terbaik yaaa

Yang penting Abba nya sehat, kuat dan selamat. Juga semoga dimudahkan segalanya 


Oiya, terjadi insiden, Safa kejedot pas main lari larian sama Alqi di rumah Umi. Kaget sih karna benjolnya gede banget. Fix ini kayanya kepentok lantai. 

Malamnya, Farah pula yang ngeluh sakit kepala dan demam. Kuminta dia makan dan tidur cepat biar istirahatnya panjang. Lagian tadi g tidur 

Jam 8 malam bg Rio wa minta untuk dibangunkan jam setengah 3 pagi karna pesawat ke kalimantan jam 5 pagi. Krna biasanya aku juga begadang jadi oke aja. 

Apa daya, jam 10an mata mengantuk sangat tapi Alqu dan Safa masih asik main. Kusetel alarm jam 12 malam. Rupanya mata lebih ingin tidur dan tubuh terasa lelah. Alarm berbunyi tapi kumatikan dan bangun jam 1 pagi. 

Kupindah tidur dekat Farah dan ketiduran hingga jam 2.34 pagi. Astaghfirullah, hampir saja

Segera kutelp Abba nya dan ternyata juga baru bangun. Entahlah klo tadi aku ketiduran hingga subuh. 


Sunday, 9 January 2022

Satu Tahunku di Tanjung Balai Karimun 1



 Halooooo


Sebelumnya aku pernah posting di story IG tentang cerita masa kecilku di Batam. Hanya satu tahun kemudian aku pindah lagi ke Tanjung Balai Karimun. Tadinya cerita itu mau kulanjutkan di IG tapi sepertinya akan lebih mudah dibaca kembali kalau aku menuliskannya di blog. 


Fyi, ketika aku sekolah dasar, hampir ssetiap tahun aku pindah sekolah dari satu kota ke kota lainnya. Mulai dari kelas 1 SD hingga 5 SD dan kemudian menetap di satu kota hingga lulus kuliah. Baru kemudian setelah menikah aku pindah lagi ikut suami. 


Sekitar tahun 1997 atau 1998, aku kelas 2 SD. Kami pindah dari Batam ke Tg Balai Karimun. Mungkin banyak yang mengira orang tuaku bekerja di pemerintahan tapi tidak. Ayahku bekerja sebagai seorang sopir. Kendaraan yang biasa beliau bawa sampai sekarang adalah angkot. Waktu di Batam bawa taksi. Nah di Balai inilah baru bawa lori air minum. 


Kami tinggal bisa dibilang bagian yang agak terpelosok, bahkan ketika itu listrik belum ada di sana. Sehari hari ketika malam tiba kami menyalakan lilin atau lampu semprong yang untuk memghidupkannya harus dipompa dulu. Dan cahayanya lebih terang daripada lampu templok yang pakai minyak tanah. Warnanya putih seperti bohlam. 


Ayahku mengantarkan persediaan air bersih ke kapal kapal tanker yang berlabuh di sana. Kalian tahu kan kapal yang menarik tanker berisi pasir atau batu bara. Nah d tempatku, kapalnya berisi pasir. 


Di sana ada pabrik yang mengambil pasir lalu dimuat ke kapal lalu dikirim entah ke mana. Waktu kecil aku tidak tahu tapi rasanya sekarang aku tahu mereka adalah pengeruk pasir. Bisnis besar. Aku pernah singgah ke pabriknya. Ada banyak sekali alat berat dan pipa. Pasir pasir itu dikeruk kemudian diolah dan hasilnya dimuat ke kapal. Ada pipa pipa besar di sepanjang jalan dari pabrik menuju kapal yang berisi pasir yang berjalan. Dulu aku senang sekali melihatnya setiap pergi bersama ayah ke kapal untuk mengantarkan air bersih. 


Karna sering ikut maka aku juga sering diajak naik ke kapal dan bermain di dalamnya. Hal yang paling kusuka adalah tempat kapten kapal. Ada banyak peralatan tapi aku hanya diizinkan untuk bermain dengan radio orari ya namanya, ah lupa. Seperti walkie talkie. "Kapten di sini, ganti" Hahahha it was fun to play with it. 


Banyak hal yang aku ingat saat tinggal di sini. Lingkungannya, rumah penduduk, permainanku, sekolahku, pembullyanku hahaha tapi tak banyak yang kuingat tentang orang orangnya. Bahkan guruku sendiri aku sudah lupa. Mungkin waktu itu aku tak begitu dekat, biasa saja. 


Aku tinggal di lingkungan yang rumah penduduknya sedikit berjauhan. Jadi ga seperti di perumahan yang aku bisa memanggil tetangga depan rumah. Di sana tidak terlalu jauh juga tidak terlalu dekat. 


Bisa dibilang di sekeliling kami masih banyak hutan dan juga semak semak yang belum dirambah manusia. Aku ingat ada perkebunan sayur tak jauh dari rumah. Di sana pertama kalinya aku melihat tanaman semangka, terong dan sayur lainnya. 


Di samping rumahku ada kolam kolam berisi air bersih. Air inilah yang disedot ke lori ayah dan dibawa ke kapal. Aku masih mengingat suara mesinnya, senangnya dan juga kolam kolam itu. 


Oh iya, karna tidak ada listrik beberapa rumah, termasuk rumahku, punya mesin genset sendiri. Jadi kami masih bisa menikmati tontonan televisi dan juga cahaya lampu meski jumlahnya terbatas. Jika ada tetangga yang mau, mereka bisa membayarnya untuk bantu membeli minyak genset. 


Sebelum aku pindah ke rumah itu, kami tinggal sementara di rumah sebelahnya. Di sana ada satu kamar kosong, tepatnya di bagian samping luar rumah. Jadi untuk beberapa waktu kami tidur dan makan di sana. Untuk masak, ibuku menumpang di rumah induk. Kalau tidak salah namanya Mak Mai, orangnya sangat baik dan beliau punya anak gadis perempuan. Aku menyukainya dan meski sudah SMA ia tak sungkan bermain d3ngan kami yang masih kecil kecil. 


Rumah Mak Mai punya halaman yang luas dan pasirnya aku suka. Mungkin karna kami tinggal tak jauh dari pantai jadi pasir di depan rumah Mak Mai seperti pasir pantai. Begitu juga dulu di sekolahku. 


Karna aku tinggal tak jauh dari hutan (tapi di tepi jalan ya) , pernah suatu hari ada ular yang sangat besar mati di tengah jalan. Panjangnya selebar jalan. Sepertinya dia tertabrak mobil yang melintas. 


Di sini juga aku mengenal kecebong, para anak katak. Bahkan aku dan teman teman menangkap kecebong di kolam dan bermain main dengannya. 


Selain bermain kecebong kami juga suka bermain sepeda. Karna di sana tidak ada listrik maka kami mulai berpikir bagaimana caranya agar di sepeda ada lampu jadi tetap bisa main di malam hari. 


Inilah pertama kalinya aku membuat lilin kertas. Entah ide nya darimana atau dari siapa. Kami menempatkan minyak goreng di wadah yang aman dan menegakkan gulungan kertas sebagai sumbu. 


Dan benar saja, lebih hemat daripada kami harus pakai lilin karna sepertinya minyak gorengnya tidak berkurang. Sejak itu kalau mati lampu aku suka menyalakan lilin dengan minyak goreng. 


Wah sepertinya panjang sekali ya ceritanya. Kita sambung di part berikutnya aja 


Thank you udah mampir dan membaca sampai akhir 🥰🥰


Friday, 12 November 2021

Perjalananku Membuat Sop yang Enak

 Hari ini aku bikin sop daging dengan campuran kentang dan wortel. Dagingnya beli di warung, full daging g pake tulang. Hmmm nikmaaat... Alhamdulillah

Ga nyangka ternyata bisa bikin sop daging seenak itu hahaha

Biasanya klo aku bikin sop untuk anak anak, g ada rasa pengen nyicipin atau menjadikannya lauk utama di piring. Ketika aku bikin sop ayam atau daging, biasanya akan bikin lauk lainnya. Selain untukku, juga untuk Bg Rio yang biasanya akan selalu minta dibuatkan sambal kalau aku masak gulai atau sop. Karna kalau cuma sop aja, rasanya ada yang kurang ya kan xixi


Nah balik lagi ke sop, pertama kali aku bikin sop sendiri adalah ketika Farah masuk fase mpasi. Fase yang sangat chaos dan cukup buruk yang pernah aku alami. Tiga bulan pertama yang hanya menyentuh sedikiiiit saja apa yang kubuat untuknya. Iya hampir 3 bulan berkutat pada apa yang harus kuberikan padanya. Dan terlalu saklek ga mau ngasih mpasi instan. Dan alhamdulillah akhirnya berakhir juga ketika aku memasrahkan, ya sudahlah nak. Mau makan oke, g mau juga g apa. Toh nanti akan ada masanya ingin makan. 


Ketika mpasi itulah aku belajar masakan dasar untuk anak anak yaitu sop. 

Awalnya hanya menumis bawang putih dan bawang merah kemudian dikasih air. Setelah mendidih baru kumasukkan wortel, kentang dan ayam atau telur puyuh. Hampir setiap hari begitu dan setiap hari pula aku mengoreksi rasanya. 


Farah adalah penyicip makananku dan amat sangat jarang setelah fase awal mpasi dia mengatakan tidak untuk makananku. Hampir semua yang kumasak ia makan sampai habis dan selalu berbinar saat memakannya. Ibu mana yang tak terharu 


Lalu aku pun belajar cara membuat sop yang enak. Pertama kali belajar dari Uni karna awal menikah aku tinggal bersama Uni, belajar masak pun darinya. 


Metode Uni dalam membuat sop simple dan menurutku rasanya enak. 


Ayam atau daging direbus terlebih dahulu bersma beberapa siung bawang putih yang digeprek lalu tambahkan merica bubuk. Setelah mendidih barulah bumbu sop dimasukkan, kecuali kayu manis. Selagi menunggu sayuran masak, iris beberapa bawang merah dan goreng kemudian masukkan ke dalam rebusan sop. Terakhir masukkan dedaunan dan koreksi rasa. 

Saat masak dengan Uni Mira, daun sopnya ga diiris. DImasukin full dan daun bawang diiris kasar besar besar. Sementara Bg Rio lebih suka kalau dedaunan itu diiris agar semuanya dimakan, baik untuk tubuh. 


Alhamdulillah, hingga kini anak anak ga pernah nolak ketika di dalam nasinya ada potongan daun bawang dan seledri.


Kemudian, aku sering ke rumah Ka Tika (suaminya, Uda Sukri adalah teman se PT bg Rio dulu). Masaknya jago dan ga pernah gagal. Apapun yang dimasak enak semua lah ixixi


Darinya aku pun belajar tentang memasak sop


Rupanya kak Tika ga nge geprek bawang putih, melainkan digiling bersama merica bulat. Setelah halus, ditumis dan disiram dengan air. Setelah air mendidih baru masukkan ayam/daging. Langkah selanjutnya sama. Kadang kadang, sayurannya seperti wortel dan kentang dikukus dulu. Nanti baru disiram dengan kuah sop saat disajikan.


Ketika kucoba memang sedikit berbeda terutama aroma yang ditimbulkan. Apalagi ketika bumbu sop juga sudah dimasukkan. Hmm wanginya menggugah selera. Dan cara ini kupakai terus menerus meski harus menggiling bawang putih dan mericanya. 


Satu hal lagi yang berubah adalah waktu memasukkan daun bawang dan seledri. Dulu dedaunan ini kumasukkan bersamaan dengan sayur lainnya atau setelah itu tapi dimasak cukup lama. Sekarang, dedaunan itu hanya kumasukkan sesaat sebelum mematikan kompor. Istilahnya sentuhan terakhir ya xixixi


DAn ternyata hasilnya memang beda. Lebih segar tapi tetap bisa dimakan oleh anak anak. Bau nya juga sedapppp


Kemudian, beberapa minggu yang lalu ada satu bahan lagi yang menjadi perjalananku dalam memasak sop. Yaitu buah pala.


Waktu itu kebetulan tetanggaku, Pia sedang di rumah dan aku sedang akan memasak sop. Sambil ngobrol aku pun menyiapkan bahan bahan. Saat aku menggiling bawang putih dan merica seperti biasa, Pia bilang ia biasanya juga menggiling buah pala. 


Di dalam bumbu sop itu kan isinya macam macam. Nah salah satunya ada buah pala yang hanya seimprit sebenarnya. Selama ini dia masuk bulat bulat dan g kemakan. 


Nah ternyata Pia menghaluskan buah pala ini bersama merica dan bawang putih. Oke, aku pun mencobanyaaaa


Hmmm wanginya memang ada beda. Lebih harum, meski aku g begitu tau soal rasa. Kalau rasa lebih dipengaruhi seberapa banyak garam atau penyedap yang kumasukkan ehheheh


Jadiiii begitulah perjalananku membuat sop ayam dan daging untuk anak anak. 

Kalau sop daging aku menambahkan geprekan jahe ke dalamnya. Agar tidak amis, begitu yang kudengar. Yang penting ga kebanyakan karna bisa mempengaruhi rasa dan aku g begitu suka, juga anak anak


Sebenarnya saat bikin sop ayam ataupun daging, aku amat sangat jarang memasukkannya ke dalam piring makanku. Entah kenapa tapi aku g begitu suka sop. Meski begitu, anak anak selalu menghabiskan yaa xixix apalagi kuahnya. 


Tapi saat aku bikin sop daging kemaren ternyata enak juga. Mungkin karna isinya emang daging semua tanpa ada tulang. Kuahnya juga oke apalagi sekarang aku g lagi menumis bawang merah. Tapi aku beli bawang goreng saja di warung dan ternyata lebih enak hehehe bahkan mereka bertiga memakan itu mentah mentah. Kriuk kriuknya mreka suka kali yaaa


Well, begitu laaah semoga masakan sop ku selalu disukai anak anak yaaaa. Selalu dirindukan xixixi 


Sekarang aku berusaha untuk ga over cook saat memasak agar rasanya lebih enak lagi dan segarrrr


Terima kasiiih sudah membacaaa


Kalau kalian ingin mencicipi sop buatanku, aku ga pede hahaha karna menurutku rasanya masih belum terlalu oke. Maasih di tahap hanya anak anaku yang menyukainya. Tapi kalau kalian memaksa ya g apa, ayo berkunjung k rumahku :)


Friday, 5 November 2021

Ngumpulin Niat Nulis Emang G Gampang

 Mau nulis itu emang dibutuhkan waktu dan niat ya. 

Ini judul udah tertulis di draft, hampir tiap hari juga buka blog tapi untuk melanjutkan tulisan butuh usaha hahaha

Karena udah mulai nulis lagi bulan ini, jujur sih aku ga tau sebenarnya mau nulis apaan. Begitu buka blog mentok mentok cuma blogwalking trus komen komen. Dan agak insecure sama tulisan blogger lain karna mereka udah nulis hal hal yang keren. 

Yah meski demikian harus semangat yaaaa, kata salah seorang di twitter: nulis di blog ya nulis aja, mau ada yang baca atau engga keep writing

Hmm bener juga sih. Dari awal blog ini juga bukan untuk tujuan komersil. Hanya tempat sharing dan cerita. Pengen sih blog jadi sumber pendapatan kaya blogger lainnya, tapi aku aja yang belum bisa fokus kaya gitu. 

Jadi sekarang diniatin nulis di sini ga perlu panjang panjang kecuali emang lagi mood. Cukup beberapa paragraf juga oke. 

Karna menurut orang orang, nulis tuh juga bisa jadi self healing. Entah sih maksudnya apa tapi dengan nulis ada rasa ringan g sih. 


Tuesday, 26 October 2021

Tentang Apabila Perempuan Minta 50juta

 Tergelitik ingin berkomentar ketika lihat video viral soal bila perempuan minta 50juta.

Tentunya ini soal mahar atau ketika mau menikah yaaa... Aku ga tau klo di luar itu. Ya pasti ditanyain dulu buat apa 50juta nya 

Jawabannya beragam sih dan ini tergantung gender kayanya. Bukan ngebelain siapa siapa tapi mencoba melihat lebih objektif. 

Akhir akhir ini aku kadang resah liat perempuan dan laki laki saling merendahkan terutama soal uang dan kemandirian. Lelaki bilang perempuan matre, sebaliknya perempuan bilang laki laki g punya modal. 

Sebenarnya pernyataan kaya gini ditujukan kepada siapa? Kepada perempuan atau laki laki yang gmana?

Soal 50juta tadi...

Yang aku lihat ketika perempuan meminta mahar pernikahan senilai 50juta rupiah itu sih rasanya wajar wajar aja. Karna menentukan mahar adalah hak perempuan kan. 

Hanya saja perlu digarisbawahi, ketika meminta sesuatu juga harus mengukur kemampuan dari orang yang diminta. Juga, tujuan dari permintaan

Apa ga heran kalau seorang perempuan minta 50juta pada seorang laki laki yang hanya punya penghasilan kurang dari 5juta per bulan? 

Sebagai seorang perempuan kita juga harus bertanya apakah dia mampu? 

Jika benar mampu, dari manakah uang nya? Padahal gaji nya saja segitu

Apakah ia akan berhutang? Jika ia dan kemudian meereka menikah, gmana menurut kalian pernikahannya? Bukankah si lelaki akan berusaha melunasi hutang tersebut? Bukankah itu akan mengganggu keuangan keluarga?

Pertanyaan2 seperti ini bisa dijadikan tolak ukur ketika akan meminta sekian juta pada seorang laki laki. 

Kalau kenyataannya ia tak mampu memenuhi itu artinya dia bukan laki laki yang tepat tempat perempuan meminta jumlah tersebut. Perempuan harus mencari laki laki yang menyanggupinya.

Dan untuk laki laki ketika kalian dimintai 50juta atau sekian juta lainnya oleh seorang perempuan, kalian g perlu langsung mengatakan bahwa perempuan itu matre dan hanya memikirkan uang. 

Perlu diketahui bahwa perempuan berhak meminta dan menyebutkan keinginan mereka. 

Jika belum sanggup memenuhi bisa dibicarakan baik baik alias dinegosiasikan. Jika mentok dan tak berujung, mungkin kita bukan orang yang bisa memberikan hal itu kepadanya. Atau berikan pilihan yang lebih baik

Kadang kadang ketika akan menikah perempuan ingin mempersiapkan diri sebaik baiknya. Bukan hanya untuk hari pernikahan tapi juga hari hari setelah akad diijabkabulkan. 

Namun ketika bicara mahar pernikahan, sebaik baiknya adalah yang tidak memberatkan kedua belah pihak. Lebih spesifik, yang diridhoi oleh kedua belah pihak. Ia tak terlalu murah, juga tak terlalu mahal. 

Sejatinya, karna mahar adalah pemberian wajib seorang laki laki, maka berikanlah yang terbaik. 


Dan untuk perempuan, paling baik adalah yang memudahkan, tidak menyulitkan. Percaya saja, jika ia memang laki laki bertanggng jawab, ia tak akan meberikan hal yang sia sia

Movie Review: Escape from Mogadishu


 Wah sudah lama engga nulis review di blog. Biasanya langsung tulis aja di IG story trus simpan di highlight, jadi kapan pun bisa baca dan mudah dicari. Tapi berhubung harus nge tap tap berulang kali, kayanya emang paling enak tuh bikin review lengkap di blog. Mau nyari juga tinggal ketik judulnya. 

Aku salah satu orang yang suka nonton film dengan settingan jaman dulu. Mau itu film perang atau sejarah tentang seseorang. Menarik untuk ditonton meski secara visual g se wow film dengan settingan masa kini. Kalo settingan masa depan agak aneh sih hahaha kenapa ya banyak yang menggambarkan masa depan itu suram dan banyak perang terjadi. Segala bagian bumi hancur lebur dan hidup manusia malah lebih buruk dari masa sekarang.

Okelah, aku baru aja nonton film Korea yang berjudul Escape from Mogadishu. 


Mogadishu adalah ibukota negara Somalia yang berada di Afrika, sebelahan sama Kenya dan Djibouti. Jujur, sebelum nulis review ini aku bacaa baca dikit tentang Somalia dan Presiden Barre yang disebut dalam film. Juga Aidid. Bukan Aidit, itu sih ketua partai jaman baheula. 

Bisa disimpulkan, Presiden Barre tu kaya Soeharto karna memerintah suatu negara sampe puluhan tahun. Kalo Soeharto 32 tahun, Barre cuma 22 tahun. Ckkckck emang ya, ketika berkuasa terlalu lama, seseorang akan jadi sangat tamak dan haus akan kekuasaan terus menerus.

Nah film ini terjadi sekitar tahun 1990 di Somalia. 

Bercerita tentang duta besar Korea Selatan yang berada di Somalia. Di tahun itu, Korsel sedang mengumpulkan dukungan agar ia bisa diterima menjadi anggota PBB. Duta besar Han yang bertugas berusaha melobi pemerintah Somalia agar memberikan dukungan kepada mereka. Di satu sisi, juga ada Duta Besar Korea Utara yang sedang mengusahakan hal yang sama. Maka terjadilah lobi lobi. 

Somalia itu salah satu negara paling korup di dunia. Dalam lobi lobi ini keliatan tuh, gmana perwakilan dari Somalia menawarkan untuk mendapatkan dukungan mereka, Korsel membantu mendanai biaya kuliah anak di perwakilan Somalia hahaha

Sebenarnya Korsel termasuk sulit untuk mendapatkan dukungan itu mengingat Presiden Barre itu aliran sosialis. Dan kemungkinan besar dukungan akan diberikan ke Korea Utara yang juga beraliran sama.

Di tengah perundingan, meledaklah perang sipil. Rakyat Somalia turun ke jalan menuntut agar Presiden Barre dihukum dan diadili atas tindakan korupsi dan kezalimannya. Fyi, dari yang aku baca Barre ini mirip Kim Jong Un di Korut. 

Jadi selama dia memimpin, di Somalia tuh diharuskan ada foto fotonya sebagai bentuk pemujaan. Yah sakral banget kesannya. Padahal penduduk Somalia mayoritas beragama muslim.

Nah di tengah kerusuhan itu, juga terjadi perampokan dan penjarahan besar besaran. Semua toko, pasar dan tempat ekonomi bergerak jadi sasaran rakyat. Persis kaya 1998. 

Keadaan kemudia diperparah ketika kelompok pemberontak juga turut serta dan mereka bersenjata. 

Somalia, khususnya Mogadishu menjadi sangat mencekam terutama untuk orang asing dan para duta besar. 

Mereka para pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Aidid mengeluarkan selebaran yang meminta para duta besar memilih. Apakah tetap mendukung pemerintahan Presiden Barre atau berpihak pada mereka. 

Setelah selebaran ini beredar, para duta besar beserta staf dan keluarga bergegas meninggalkan Somalia. Sayangnya ga mudah karna mereka ga bisa menghubungi negaranya untuk minta bantuan karna telepon dan listrik mati. Sebagian besar mereka pun terisolasi di dalam kedutaan. Termasuk Korsel dan Korut

Di masa masa yang mencekam itu, para pemberontak berkeliling kota untuk merampok dan menjarah. Mereka pun masuk ke dalam kedutaan terutama negara yang mereka pikir mendukung penuh presiden Barre. 

Konsulat Korsel pun meminta polisi setempat untuk menjaga kedutaan dengan memberikan imbalan sejumlah uang pada mereka. Sementara itu kedutaan Korut berhasil dirampok dan dijarah hingga mereka tak lagi memiliki persediaan makanan dan memutuskan untuk segera keluar. Jika tidak, kelompok pemberontak akan kembali dan membunuh mereka. 

Menurt aku, bagian paling mencekam selama film ini adalah ketika duta besar Korut beserta staff dan keluarganya berusaha mencari tempat aman. Mereka keluar tengah malam di saat pemberontak sedang berkeliling. Melewati blok demi blok bersama anak anak juga.

Saat mereka terjepit, mereka berada di sekitar kedutaan Korsel. Tak jauh dari sana ada kelompok pemberontak juga. Kebayang donk gmana 

Mau masuk ke kedutaan Korsel nanti mereka akan dituduh membelot karna minta bantuan Korsel. 

Tapi kalau g masuk nyawa mereka dan anak anak bisa terancam.

Sampai d tahap ini aku berpikir ternyata memasuki gedung sebuah kedutaan besar ga semudah itu apalagi untuk negara yang bertikai kaya Korsel dan Korut. Meski ini urusannya nywa, tapi mereka juga dilingkupi keraguan. Karna ini bukan hanya menyangkut diri pribadi tapi juga marwah sebuah negara. Mereka para duta besar dan cerminan negara.

Bahkan ketika untuk keluar dari daerah konflik, hanya bisa menghubungi negara yang punya hubungan atau negara yang memiliki konsulat negara tertentu. Kalau tidak yang g dilayani dengan alasan tidak ada hubungan diplomatik.

Ironi....

Betapa sebuah hubungan internasional sebuah negara dengan negara lainnya bisa sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. 

Saat makan bersama pun negara yang bertikai harus tetap waspada terhadap gerakan satu sama lain.

So, menurut aku film ini cukup rekomendit apalagi jarang sekali Korea mengangkat isu ini. Kita bisa belajar hubungan internasional dan kemanusiaan juga apa yang terjadi ketika sebuah daerah dilanda konflik terus menerus. 


Sebelumnya aku pernah nonton film Black Hawk Down yang juga bertempat di Somalia di tahun 1990an juga ketika Jenderal Aidid akhirnya menjadi presiden Somalia setelah Barre. 

Dua film ini memberikan kita gambaran bagaimana Somalia. Yang hingga saat ini masih hidup dalam kemiskinan, pendidikan rendah dan tentu saja dikuasai oleh orang orang korup. 

Juga bagaimana mereka yang mengaku akan membantu Somalia padahal hanya memberikan penderitaan lebih besar pada rakyat. Meereka bukan membantu melainkan berusaha mengambil apa yang dimiliki. 

Tahun 90 an adalah tahun penuh trauma bagi Somalia yang penuh konflik dan selalu menjadi medan perang. Perang saudara tak berhenti menghiasi kehidupan negara ini.

Bukannya memikirkan bagaimana generasi selanjutnya dapat menikmati kehidupan yang lebih baik, tapi mereka hanya dilingkupi ego manusia yang tak kunjung terpuaskan. 

Thursday, 21 October 2021

Kasus Kim Seon Ho

 Ternyata berita di Korea Selatan ga jauh beda ya sama di Indonesia. 

Bedanya adalah efek jera dari sebuah kasus ke artis. Di Korsel, udah dipastikan kalo karirnya akan hancur lebur, kehilangan banyak kontrak, harus ganti rugi sekian miliar dan amat sangat sulit untuk come back di kemudian hari. 

Sementara di Indonesia, setelah kena kasus (apapun itu kasusnya) si artis malah makin terkenal dan dapat job d mana mana. Yah kecuali klo udah dipenjara ya, tapi udah dipenjara pun keluar dari sana stasiun tv udah nungguin. Jadwal manggungnya padat dan jadi pembicaraan di mana mana. Lebih gila nya lagi, ada fans barbar yang setia ngebelain baik di dunia nyata apalagi di dunia maya. Jangan coba coba komen negatif kalau g mau diserang balik xixi

Nah, yang terbaru adalah kasus Kim Seon Ho yang berhembus tepat ketika dramanya bersama Shin Min Ah yaitu Hometown Cha Cha Cha memasuki minggu terakhir tayang alias episode akhir. 

Singkatnya ada seorang perempuan yang ngaku sebagai mantan pacarnya KSH posting di medsos. Katanya dia pernah dipaksa untuk menggugurkan kandungan oleh KSH. Mereka awal dekat itu di tahun 2020, tahulah kan itu adalah tahun bersinarnya KSH setelah drama Start Up nya  dan dia fix dipanggil Anak Baik sesuai panggilan Haelmoni di drama itu.

Awalnya mantan pacarnya ini ga mau mengugurkan tapi karna KSH janji untuk menikahi dia 2 tahun lagi maka dia pun gugurin kandungannya. Tapi habis itu ya diputusin sama KSH

Barangkali sakit hati ya jadi berita itu pun di blow up sekarang. Ga tahu sih apa maksudnya. Yang jelas mereka sama sama salah lah. KSH salah karna maksa gugurin, tapi ceweknya juga salah karna mau. Banyak yang berpendapat kenapa g dia keep aja kandungannya dan putus dari KSH. Ya kita juga g tau ya kan alasan sebenarnya mereka, cm mereka berdua yang tahu bersama agency. 

Dan serius sih ini berita yang mengejutkan banyak orang walau beberapa ada yang bilang g terkejut dengan berita ini karna meeka udah tahu KSH itu kaya apa. Tapi faktanya, banyak yang menyayangkan hal tersebut.

Baru juga mendapatkan ketenaran udah dilanda isu masa lalu yang ga sedap. 

Kasus ini berakibat besar sama KSH. Image nya hancur dan dia harus ganti rugi banyak kontrak dan pasti sulit untuk come back meski masih ada kemungkinan. Tapi siapa sih aktor di korsel yang kena kasus trus masih bisa bersinar?? 

Oiya, KSH nya sendiri udah minta maaf dan mengakui kebenaran berita tersebut ya. Ada bagusnya, dia g pura pura kalo itu berita bohong. Kesal pasti tapi tindakan minta maafnya g akan dilupakan orang. Kan ada tuh aktor yang kekeuh bohong, itu malah bikin netijen tambah marah. 


Yah aku g termasuk yang ngefans sama dia sih, bahkan drama Start up cuma nonton 1 episode hahaha hometown juga baru setengah episode 1. Ga tau kenapa, malas aja nonton drama yng nge hype dan terlalu banyak dibahas di medsos. Etapi Squid Game nonton dink gahhhahaha 

Semoga kasusnya cepat kelar, kan dia juga ga perlu berurusan sama polisi. 

Guru Pertama Farah

 Helloooooo

Kumenulis lagi setelah beberapa hari vakum, padahal berjanji untuk nulis satu postingan sehari xixixi

Ya gitulah, udah niat mau nulis tapi malah milih nonton drama korea. Setelah kelar nonton drama satu, lanjut ke drama lainnya. 

Ngomong ngomong kali ini mau cerita tentang guru pertama Farah di kelas. Kalo dibilang guru pertama sih sebenarnya adalah ibu nya ya hehe... But it's okay, saat Farah udah ngerti nanti aku akan bilang bahwa guru pertamanya adalah aku, ibunya. Dan beliau adalah guru pertamanya di kelas. 

Sejak bulan Juli 2021 kemaren, Farah mulai masuk TPQ di dekat rumah. Udah ngaji pake buku iqro. Dari rumah dia udah belajar huruf hijaiyah dan ngaji sampai huruf 'sa' sama aku. Setelah ngaji tentu diulang donk dari awal, ga apa. Belajarnya beriringan, sekarang udah masuk ke iqro 2

Nah sejak ngaji itu, secara ga langsung Farah jadi punya panutan yaitu guru ngajinya. Apapun yang gurunya bilang dia ulang lagi di rumah. Dan yang jadi objeknya adalah Safa dan Alqi. Kadang kadang dia bikin kelas sendiri sama adek adeknya. 

Ternyata emang sih ya, namanya murid guru itu cocok cocok an. 

Ada guru yang ga suka sama muridnya, ada juga murid yang g suka sama gurunya. Ini sih yang bikin proses transfer ilmu dan akhlak terhambat. 

Ketika kubahas dengan Abba nya, menurutnya karna Farah senang dengan gurunya, begitupun sebaliknya. Jadi proses transfer itu lancar dan Farah bisa menyerap dengan baik. 

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah hubungan guru dan orang tua. Juga harus baik... 

Jika salah satunya menyimpan ke suudzonan, bisa aja berefek ke anak. Aku lihatnya gitu sih.

Karna pernah dengar misal orang tua A ada sleg sama guru B, nah ternyata pas di anaknya jadi g suka sama guru B. Entah mana yang salah, yang pasti yang dewasa harus lebih dewasa.

Saturday, 16 October 2021

Uri Tsundere, Dokter Kim Jun Wan



Ini Dokter Kim Jung Wan
Dokter favorit aku di drama Hospital Playlist. Para netijen bilang dia tsundere. Awalnya aku ga tau apa itu tsundere, terdengar seperti nama Jepang. Sampai saat ini belum yakin karna belum nyari juga. Tapi kesimpulan dari percakapan netijen, dia salah satu karakter dalam kartun Naruto. Hmmm koreksi ya klo salah. 

Karakternya cuek tapi perhatian dan hatinya baik. Begitulah kiraa kira. 

Nah kim jun wan di sini mirip begitu. Di antara 5 dokter lainnya yang jadi pemeran utama, karakternya yang paling cuek, jutek, sadis dan terkesan ga punya hati karna sangat mengedpeankan logika. Ini terlihat jelas saat dia berhadapan dengan pasien. 

Dia menjelaskan dengan jelas diagnosis sebuah penyakit, sebab akibat gejala dan tindakan apa yang bisa dilakukan untuk penyembuhan serta efek samping. Jadi pasien mendapatkan gambaran jelas sehingga bisa menjalani perawatan dengan baik. 

Terkadang karna ketegasannya pasien suka salah paham. Terkesan jutek dan g punya simpati dengan penyakit pasien dan perasaan keluarganya. 

Wednesday, 13 October 2021

Hujan

 It's 11.45pm ketika aku nulis ini. 

Setengah jam yang lalu aku mendengar bunyi guruh dari kejauhan, cukup besar dan memberi tanda bahwa akan turun hujan lebat beserta angin kencang. 

Tapi nyatanya tak selebat yang kubayangkan dan udaranya masih tetap panas, bukan dingin menusuk seperti yang kusuka. Meskipun terlalu dingin juga sulit untuk tidur hehe

I love rain

Aku suka suasana yang terbangun ketika hujan turun. Ada udara dingin dan bunyi air hujan mengenai genteng atau hembusan angin. 

Sayangnya kadang hujan tak turun selebat yang kubayangkan. Aku ga mau mencela hujan turun yang meembuat tertundanya beberapa aktivitas outdoor. Atau pakaian jadi basah atau jemuran jadi kering lebih lama. No. 

Kebiasaannya hujan turun hanya sebentar lalu cuaca dan udara kembali seperti semula. Kadang langsung diiringi panas terik seakan akan tak ada hujan sama sekali. 

That's why I love ketika cuaca sedang ingin hujan terus terusan. Ya kan, biasanya akan ada rentang waktu di mana hujan akan turun setiap hari. Entah itu pagi, siang atau malam. Saat itu udara yang kita rasakan selalu dingin, langit tidak terik dan jalanan basah. Kadang huja memberi kesempatan pada matahari untuk menunjukkan dirinya sebentar agar para ibu seperti kami bisa menjemur segala hal. Lalu hujan pun akan turun siang atau sore hingga malam hari, bahkan keesokan hari


Monday, 11 October 2021

Tentang Alqi


   






Setelah liat arsip tulisan di blog ini, aku ternyata belum pernah cerita apapun tentang Alqi hahha

Jadi cerita lahiran itu cuma Farah trus loncat ke Safa. Ya ampuuun saking g pernah lagi megang blog. Padahal di IG heboh banget aku ceritanya. Karna ini lahiran kedua dan experience nya beda banget sama lahiran pertama. Dan lahiran kedua ini jadi modal buat aku ketika lahiran ketiga

Alhamdulillah, aku termasuk ibu ibu yang diberikan kemudahan lahiran dari segala prosesnya. Meski ketiga tiganya induksi tapi aku ga mengalami kontraksi yang lama apalagi sampe berhari hari kaya kasus buibu lainnya. Bener bener mudah banget sih, sampe kadang aku mikir, Ya Allah semoga ini bukan istidraj. Semoga ini adalah bentuk kasih sayangMu 

   

Juga, secara biaya dan proses administrasi juga super duper mudah. Lahiran pertama emang sih g pakai BPJS dan saat itu kondisi kami ga punya sepeserpun untuk lahiran. Bahkan pas mau lahiran, orderan tas aku kena cancel padahal udah ngambil di toko. Padahal uang hasil jualan itu buat dibelikan perlengkapan bayi kaya popok dan lain lain. Alhamdulillah kami punya keluarga yang mau bantu. Hanya Allah yang akan membalas kebaikan mereka, semoga nanti kami pun bisa membalasnya ke anak anak. 

Nah lahiran ketiga dan kedua alhamdulillah pakai BPJS dan untuk dapat rujukan kami dibantu sama dokter. Bener bener mudah... 

Balik lagi soal Alqi, dia lahir tahun 2018 tepatnya tanggal 10 Juli jam 3 dini hari. 

Sekarang dia udah 3 tahun

Nama lengkapnya Shiddiq M. Nasir Al Qarni

Nama Alqi itu panggilan yang udah disiapkan dari hamil pertama. Tapi karna yang lahir Farah, jadi namanya disimpan dulu. Sebenarnya cuma mau dinamai Nasir M. Al Qarni, tapi karna atuk nya mau kasih nama juga jadi diletakin di depan deh.

  

Di usia 3 tahun Alqi belum termasuk yang lambat perkembangan bicaranya. Dia bukan yang speech delay hanya terlambat aja. Sebenarnya dia bisa mengucapkan dua suku kata dengan ritme lambat, tapi karna dia ngomongnya cepet jadi yang kedengeran sekarang ini cuma suku kata terakhir. 

"Ba, yok lat jiiid" artinya Abba ayok sholat ke masjid

"Bu, qi u in daa" artinya bu Alqi mau main sepeda

"Bu, qi u in uwaaa" artinya bu Alqi mau main di luar

"Bu, ca ngiiis" artinya bu Safa nangiiis

 

Begitulah kira kira. Setidaknya sekrang kami sudah lebih ngerti bahasanya karna udah banyak perkembangan. Sebelumnya siih lumayan menguras emosi yaaa karna kita g ngerti dia ngomong apa dan dia juga pasti stress untuk nyampein apa maksudnya. Kadang kadang Farah bisa menterjemahkan perkataan Alqi, but kadang engga juga karna dia juga g ngerti .

Dia suka makan pedas, ga kaya Farah yang nunggu mood dulu untuk makan pedas. Kalo Abba beli mie aceh yang menurutku cukup pedas untuk ukuran anak anak, dia bisa makan itu sampe habis. Setengah nya siih, kan udah dimakan Abba separuh juga. Naah kadang kadang Safa ikutan. Mudah mudahan dia juga bisa makan pedas kaya Alqi jadi aku ga harus masak makanan khusus xixii

Kalau kami cari baju ke seken kaget, yang dicari Alqi pasti baju ultraman, spiderman, paw patrol dan doraemon. Sebelum tidur, setelah Safa lahir kebiasaan Alqi adalah nyiumin ubun ubun Safa. Kirain hanya pas lahiran aja ternyta lanjut sampe kini. Cuma berhenti pas Safa dlu dicukur habis rambutnya. Itu dia geli banget deket deket kepala Safa

Saat terbangun tengah malam dia akan cari Safa dan tidur di sebelahnya sambil nyiumin ubun ubun. Sampe umur berapa ya itu kebiasaannya karna Safa sendiri sekarng udah mulai merasa terganggu karna didempetin Alqi terus sebelum tidur xixixi