Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Sunday, 7 September 2014

Mentoring dan LDK, Kita Hadir Buat Kamu [Iya, kamu]

      2 comments   
Anyeong haseyo :) 
Mengingat hutang tulisanku pada Ari mengenai LDK beberapa waktu lalu kali ini sepertinya bisa kulunasi hehehe harapannya tulisan ini bisa disebar luaskan. Menulis tanpa dibaca itu berasa kayak makan gulai tanpa garam eaaaa... 

Oh ya, tulisan ini kupersembahkan buat kamu - kamu yang belum mengenal LDK dengan harapan semoga Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang itu gerakin hati kamu buat gabung bersama kami. 

Sebelumnya aku mau tegasin dulu kalo di sini aku bukan kader inti LDK yang kece itu. Aku cuma orang luar yang mengamati dan mengenal mereka yang berkecimpung di LDK. Secara administrasi aku ga gabung di organisasi internal kampus ini. Lah trus kenalnya gimana? Hehehe ketergabunganku di organisasi lain yang juga diisi oleh anak - anak LDK bikin aku secara ga langsung berinteraksi dengan mereka. 

Well kalo kamu males gabung sama LDK dengan alasan ini itu ya ga apa apa. Aku cukup ngerti kenapa banyak mahasiswa ga tertarik sama LDK. Yang pertama kali aku sering dengar itu adalah karena jilbab cewek - ceweknya gueeede kayak kapal Poseidon (eh udah pada nonton film ini?). Yaaa ga apa apa sih kalo masih risih, kita udah biasa nanggepinnya. 

Melalui tulisan ini aku pengen ngabarin suatu kegiatan yang bikin LDK itu BEDA banget dari organisasi kampus yang lain. Mentoring. 

Kalo LDK kadang bikin seminar, menurut aku seminar yang diadain BEM biasanya lebih keren tuh. Atau kalo mau jalan - jalan, ah anak - anak Mapala lebih ahli. Soal kedisiplinan anak - anak Menwa melebihi siapa pun loh. Tapi mentoring? Cuma LDK yang punya barang itu :D

Mentoring apaan sih? 

Hehehe yang belum tahu jangan jawab sotoy ya... Aku ga bakalan bilang ini kegiatan terkece sejagat raya, ga pengen berlebihan aja sih. Kalo minjem istilahnya mantan Ketua GAMAIS ITB (nama LDK di ITB), Ridwansyah Achmad Yusuf, metoring itu mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia.(aihhh ga ribet dong ya ngartiinnya). 

Ini nih program andalan LDK yang ga dimiliki organisasi internal lainnya. Kalo istilahnya bikin ribet, kita sederhanain deh. Secara teknis, kegiatan mentoring itu adalah pertemuan antara peserta mentoring dengan mentornya setiap seminggu atau dua minggu sekali. 

Sebuah kelompok mentoring biasanya berisikan peserta mentoring yang berjumlah 8-12 orang, engga boleh kebanyakan n sedikit juga. Tempat pertemuannya bisa di mana aja. Mau di kampus oke, di kos - kosan, rumah makan, rumah sakit, pantai, aula pertemuan, tempat pembuangan sampah, kuburan, jalan raya daaan lain - lain. Tergantung kesepatakan bersama aja sih.... 

Trus mentoring ngapain? Be-la-jar 
Hehehe jangan alergi dulu dong. Belajar itu ga saklek kayak di sekolahan atau kampus gitu juga kali yang mesti duduk diam sambil dengerin penjelasan gurunya. Para mentor punya kurikulum dan materi yang mesti disampaikan dengan metode yang insya Allah ga bikin kamu ketiduran hehehee.... 

Apakah harus masuk LDK dulu baru boleh ikut mentoring? 

Jaaaaah, ini pertanyaan paling rame yang aku sering dapat. Hmmmm... mentoring itu adalah program LDK paling keren yang engga ngebatasin pesertanya. Siapa pun boleh ikut meskipun dia belum tercatat sebagai kader LDK. Kalo kamu udah terlanjur memilih organisasi kampus yang lain engga jadi masalah. Kamu masih boleh ngikutin program mentoringnya LDK. Sip, langsung hubungi anak LDK ter-kece yang kamu kenal n daftar mentoring se-ka-rang :D :D :D 

Nah tujuan mentoring itu sendiri selain proses akselarasi kedewasaan, biar kamu ga ribet lagi sedikit aku kasih penjelasan. Mentoring itu untuk mengenal diri sendiri. Loh, emang kita lagi pada amnesia? Hey hey tenang dulu. 

Maksudku, ketika mengikuti proses mentoring dengan catatan rutin n engga bolong - bolong, kita tuh digiring untuk mengenal diri sendiri. Siapa aku, buat apa aku hidup, ngapain aja selama hidup, mau ngapain setelah engga hidup, asalku darimana dan kemana aku akan kembali. 

Ini dinamakan proses mengenal diri sendiri. Eitsss jangan salah, LDK memahami bahwa kita yang lagi diusia tergalau sepanjang sejarah engga mengenal diri sendiri yang nyebabin kita engga kenal apa itu Tuhan, siapa Dia n gimana hubungan kita dengan Dia. Hmmmm.... 

Ditulisan berikutnya deh kujelasin tentang mentoring yang lebih mendalam eaaaa ini sih baru kulit - kulitnya. 

So, buat kamu mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang terombang ambing dalam samudera kehidupan yuuuuk dengan mengucapkan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, aku dan juga teman - teman mentoring lain ngajakin kamu buat gabung n ikut proses mentoring. 

Biar komunikasi kita lebih mudah, silahkan hubungi nomer di samping ini --> 0852 6499 0817
Digunain dengan sebaik - baiknya ya semoga kita bertemu dalam lingkaran mentoring, guys. Oh ya, aku minta maaf jika tulisan ini kepanjangan n sukses bikin kamu muntah. Maksudku baik kok :D

2 comments:

  1. wah akhirnya aku tau apa itu ldk dan mentoring,
    makasih kaka ;)

    ReplyDelete