Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Friday, 22 November 2013

Plantar Apaan Sih?

Anak gadis memakai kebaya
Kebaya dipakai saat wisuda
Tanjungpinang sungguh mempesona
Asri kotanya ramah warganya

Morning mamen (man and women) gimana nih kabarnya. Moga pagi ini ga sakit perut berlebihan yang bikin kamu harus bolak balik masuk kamar mandi ya ;)

Pernah jalan - jalan ke pasar ga? Yaa minimal nemenin Emak belanjalah biar berbakti dikit noh sama orang tua. Engga repot kok bawain belanjaan Emak, paling isinya ikan sama sayur. Kalo Emak yang doyan belanja sih yaa mesti nambah kantong baju dan sepatu.

Di kesempatan yang berbahagia inih mimin pengen cerita beberapa tempat yang ga keliatan tapi ada (bukan judul lagu Utopia ya) di pasar Tanjungpinang. Oh ya sebelumnya mimin kasih tahu, klo di Tanjungpinang itu ada dua pasar yang sering dikunjungin. Nah beberapa tempat ini ada di pasar yang deket laut, namanya Plantar. Wuuuu cekidot

Pelantar ato yang sekarang ditulis di nama jalan Plantar sebenarnya itu tuh kayak dermaga yang dibangun di atas laut. Modelnya kayak gang atau lorong, ada yang udah di semen alias diaspalin ada juga yang masih terbuat dari kayu. Nah di perkampungan yang dibangun di atas laut (wooowwww!!!) plantar itu semacam penghubung dari satu rumah ke rumah lainnya. Sinilah mimin kasih tau 4 plantar terpopuler di Tanjungpinang.

Plantar I
Dulunya ini plantar jadi tempat berlabuhnya kapal - kapal antar pulau, yaa kira - kira kayak pelabuhan sekarang lah. Di sini nih dulunya sampan layar atau sampan bermesin Seagull berlabuh. Tapi sekarang plantar ini cuma dipakai buat perahu ke Senggarang. Mau ke Plantar I?

Plantar II
Klo Plantar I kita bisa naik pompong ke Senggarang nah di sini perahu yang kita naikin itu menuju Kampung Bugis. DIsebut Kampung Bugis karena di sini banyak tinggal orang - orang Bugis. Pelabuhannya kecil jadi hati - hati ya naik perahunya, kan ga lucu kamu harus nyebur di laut.

Oh ya Plantar II juga jadi tempat kapal - kapal kargo dari pulau - pulau di Kepri mendarat. Karena itu di sini banyak kedai - kedai kopi. Ada juga toko - toko yang ngejual hasil laut yang udah diolah kayak bilis, ikan asin sotong kering dan lain - lain. Makanya plantar ini rame banget.

Plantar III
Orang - orang nyebutnya sih plantar goyang soalnya kaki plantarnya dibuat dari kayu. Jadi kalo kamu lewat plantarnya goyang - goyang gitu. Hati - hati loh mimin ga nyaranin kamu buat joget dangkong di sini :D

Plantar IV
Plantar ini lebih bagusnya disebut plantar Cina soalnya yang tingga di sini kebanyakan orang - orang Cina. Eh hampir semua kali ya.

0 comments:

Post a Comment