Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Thursday, 12 August 2010

Kegiatan Juli - Agustus

 ,      No comments   
Sebuah Evaluasi bagi Diri Sendiri

Begitu lama tidak menggerakkan jari di atas keyboard. Blog selalu dibuka dan diperiksa, tapi tidak ada niatan sedikit pun untuk menuliskan sesuatu yang bisa dijadikan manfaat ketika orang membacanya.

Tidak mau mencari kambing hitam atas vakumnya blog ini selama sebulan lebih. Semua adalah disebabkan kesalahan saya sendiri yang tidak mau meluangkan waktu untuk menulis.
Untuk menebusnya, lebih baik saya menuliskan beberapa agenda yang sudah saya ikuti sebulan terakhir ini yang membuat saya kembali bersemangat setelah beberapa waktu diliputi kesedihan dan rasa putus asa disebabkan kurangnya jumlah personil di kota Gurindam (pada pulang kampung)

1.  Islamic Youth Training Camp ( IYTC ) III  (16 - 18 Juli 2010)
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Gurindam Edukasi ( YGE ) merupakan program tahunan yang sudah terlaksana selama tiga kali terhitung dari tahun 2007.
Acara ini dihadiri oleh perwakilan anggota Rohis dari 6 SMAN di Kota Tanjungpinang dengan jumlah peserta 60 orang. Bertempat di Nostalgia Yasin daerah Pantai Trikora.
Menginap bersama selama tiga hari sepertinya cukup memberikan kesan yang mendalam dalam diri masing - masing peserta, hingga ada yang mengusulkan untuk membentuk Komunitas Alumni IYTC sebagai lanjutan dari kegiatan ini. Komunitas ini diusulkan dengan tujuan agar para alumni IYTC tetap terjalin komunikasinya dengan baik dan mampu menggerakkan dakwah di sekolahnya masing - masing.

2. Pelatihan Kecakapan Hidup Bidang Desain Grafis ( 8 Juli - 8 Agustus )
Ini merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama masyarakat muda yang perlu dibekali dengan keterampilan kecakapan hidup.
Di pelatihan ini akhirnya saya diajari juga cara untuk menggunakan corel draw dan adobe photoshop setelah sekian lama penasaran dengan dua makhluk itu. Sebelumnya saya hanya bisa merenungi dua program ini ketika berhadapan dengan komputer tanpa tau apa dan bagaimana menggunakannya. Fungsi masing - masing icon di toolbar pun saya tidak tahu.
Di dalam pelatihan ini, penyelenggara tidak hanya membekali kami dengan keahlian desain grafis, namun kami juga dibekali dengan keterampilan pemasaran dan cara membuat laporan keuangan sederhana.
Harapan lembaga ini adalah timbulnya jiwa kewirausahaan dalam diri setiap peserta pelatihan.

3. Training Advokasi ( 7 Agustus 2010 )
Setelah sekian lama akhirnya KAMMI Daerah Kepulauan Riau Departemen Kajian Strategis dan Humas berhasil juga melaksanakan kegiatan ini. Agenda ini bertujuan untuk membekali kader kemampuan advokasi sehingga dpat bergerak leluasa dan kritis dalam menghadapi permasalahan di masyarakat.
Agenda Training Advokasi ini akan dilaksanakan kembali pada bulan September setelah hari raya Idul Fitri.
Panitia berharap peserta yang mayoritas berasal dari pengurus Departemen Kastrat Komsat mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan oleh fasilitator dan ke depan merupakan kader - kader penggerak yang peka akan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat.

4. Dauroh Quran ( 31 Juli - 1 Agustus 2010 )
Untuk pertama kalinya KAMMI Komisariat Batam mengadakan dauroh dengan mengundang peserta dari Komisariat Bintan dan Komisariat Tanjungpinang. Meskipun hampir seluruh peserta adalah akhwat, namun ini tidak melemahkan semangat peserta. Minimnya peserta ikhwan bukan pula halangan bagi panitia untuk tidak meneruskan jalannya dauroh.
Dauroh diisi oleh pemateri - pemateri yang luar biasa. Antusias peserta dalam mengikuti acara ini begitu besar. Jurus menghapal Quran harapannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari - hari dalam rangka menuju generasi muda, generasi qurani.

5. Pra DM1 KAMMI Komisariat Bintan ( 8 Agustus 2010 )
Jadilah mahasiswa luar biasa!!!
Demikian himbauan panitia kepada mahasiswa baru agar mereka terprovokasi untuk berorganisasi, khususnya bergabung bersama KAMMI.
Kegiatan ini dilaksanakan di samping Hotel Sadap Tanjungpinang pukul 9 pagi. Berdiskusi di bawah pohon - pohon rindang merupakan suasana yang sangat menyenangkan sekali bagi peserta maupun panitia.

6. Dauroh Mar'ah BKM KAMMI Daerah Kepulauan Riau ( 8 Agustus 2010 )
Setelah kegitan di atas, maka para akhwat tidak dibenarkan untuk meninggalkan tempat. Agenda Dauroh Mar'ah ini  merupakan program Badan Kemuslimahan KAMMI Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan secara rutin terutama setelah ramadhan nantinya.
Pada kesempatan kali ini, topik yang diangkat oleh panitia ialah Urgensi Tarbiyah yang disampaikan dengan semangat oleh Dwi Afriliyana, S. PdI, seorang tokoh luar biasa dalam pergerakan dakwah KAMMI di Tanjungpinang. 

7. Kuliah Peradaban bersama KAMMI Komisariat Bintan ( 10 - 11 Agustus 2010 )
Acara ini merupakan kegiatan lanjutan dari Pra DM hari MInggu lalu dengan tujuan untuk menguatkan peserta sebelum mengikuti Dauroh Marhalah 1 pada Jumat - Sabtu, 13 - 15 Agustus 2010 nanti.
Diisi oleh pemateri - pemateri luar biasa dari KAMMI  Daerah Kepulauan Riau. Ketua Departemen Kajian Strategis dan Humas Jamhur Ar Rahman kebagian untuk meluruskan niat para peserta dan dilanjutkan dengan materi Tawazun oleh Raja Dachroni, S. Sos, Ketua Departemen Kaderisasi KAMMI Daerah Kepulauan Riau.
Di hari kedua, peserta kembali mendapatkan materi mengenai Ideologi KAMMI dari Redha Helmi Sekretaris Umum KAMMI Daerah Kepulauan Riau. Sementara itu orang nomor satu KAMMI Daerah Kepulauan Riau, Ahmad Azroi memberikan pemahaman kepada peserta tentang Urgensi Tarbiyah.

Peserta sangat antusias dengan keempat pemateri yang dibuktikan dengan hidupnya forum melalui diskusi dan tanya jawab antara peserta dan pemateri.

8. Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat Kepulauan Riau
Jumat - Sabtu, 13 - 15 Agustus 2010
Bertempat di Desa Siantan, Kabupaten Kepualaun Riau.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga memberikan inspirasi bagi para pembaca dan saya sendiri untuk terus bergerak dan menciptakan perubahan sebelum perubahan mampu mengubah diri saya.
KAMMI, Menuju Muslim Negarawan

Semoga semangat tak hanya sampai di sini
Selalu dalam rangka perbaikan diri







0 comments:

Post a Comment