Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Wednesday, 21 July 2010

Learning English by Music

      No comments   

-->
Learning english by music,why not???

Yap, inilah yang seharusnya dilakukan oleh pelajar – pelajar untuk mempermudah mereka dalam belajar bahasa Ingrris. Belajar bahasa inggris di sekolah saja tidaklah cukup. Kadang kita membutuhkan kursus tambahan agar kemampuan lebih berkembang dan biasanya di tempat kursus akan lebih mudah mempelajarinya. Namun bagaimana dengan kita yang tidak mempunyai cukup biaya ataupun waktu untuk kursus? Tentunya adalah pilihan yang sulit. Dan terkadang ini yang menghambat seseorang untuk memperdalam bahasa inggris. 

            Beberapa cara yang dulunya pernah penulis lakukan adalah dengan sering mendengarkan lagu – lagu dalam bahasa inggris. Melalui lagu, kita bisa menguasai beberapa skill dalam bahasa inggris di antaranya adalah listening, speaking, reading. Ketiga skill ini sebenarnya saling berhubungan, tapi penulis akan mencoba memberikan penjelasan singkat.

            Dengan seringnya kita mendengar lagu tersebut, berarti kita akan terbiasa dengan kata – kata dalam bahasa inggris. Kita akan menghilangkan rasa canggung dengan kata – kata yang sebagian besar orang berkata bahwa itu adalah kata – kata asing yang tidak jelas juntrungannya. But remember, alah bisa karena biasa. 

            Selanjutnya ketika sudah sering listening, akan muncul gerakan speaking. Kita akan mulai mengucapkan kata- kata tersebut saat lagu dimainkan. Bukankah ini akan memunculkan kebiasaan mengucapkan kata – kata dalam bahasa inggris? Speaking menurut penulis tidak hanya menguasai percakapan resmi seperti yang ada di buku – buku panduan berbahasa inggris, tapi lebih pada seberapa berani kita mengucapkan kata – kata tersebut. Nah melalui music, kita sudah berusaha untuk mengucapkannya walaupun masih terdapat kesalahan. 

            Meskipun pada awal pengucapan kata- kata yang diucapkan tidak sama dengan yang sebenarnya, namun ini adalah awal latihan kita.

            Kemudian dari listening dan speaking keinginan selanjutnya yang akan muncul ialah rasa ingin tahu kita akan lirik lagu tersebut. Usaha untuk mencari lirik pastinya akan timbul. Dan di sinilah reading akan berbicara. Kesalahan- kesalahan dalam pengucapan akan diperbaiki dengan sendirinya. 

            Jika kita sudah melewati ketiga tahapan di atas otomatis kemampuan kita yang lain juga akan bertambah. Sekarang kita sudah mendapatkan kosakata baru dan cara membaca yang benar. Kita tak perlu lagi membuka kamus Oxford untuk mengetahui cara baca kata tersebut karena kita telah mendengarnya secara langsung. Pelajaran pronunciation sudah kita dapatkan sendiri. Dan kita tidak akan kesulitan lagi saat menemukan kata – kata baru yang belum pernah kita ucapkan sebelumnya karena kita sudah mengetahui teknik pronunciation melalui music.

            Seterusnya, ketika kita diminta untuk menuliskan kata – kata yang didengar kata sulit tidak akan pernah lagi keluar dari bibir kita, hal tersebut tak lagi jadi momok. Mendengarkan, mengucapkan, membaca, kemudian menuliskannya kembali akan menjadi lebih mudah. Karena itulah music adalah salah satu cara paling efektif dalam mempelajari bahasa khususnya bahasa inggris. If you are good at learning music, you wil be good at learning languages.

            Terakhir, orang – orang sering mengatakan bahwa practice makes perfect yang artinya semakin sering anda berlatih maka akan semakin mahir anda dalam melakukan sesuatu. Tidak demikian bagi penulis. Bagi penulis, practice makes you brave. Ketika kita semiakin sering melakukan sesuatu, khususnya dalam bahasa inggris, maka akan semakin berani kita dalam menggunakannya. So, menjadi mahir melakukan sesuatu berawal dari keberanian kita melakukan sesuatu tersebut. Selamat mencoba!

Tanjungpinang, 21 Juli 2010
In Improving My English





Berikut rekomendasi penulis untuk lagu-lagu yang bisa didengar pembaca untuk improve kemampuannya :
  1. Lagu – lagu yang dinyanyikan oleh boyband ( westlife, backstreetboys, A1, O-town, Boyzone, dan lain – lain )
  2. Music yang tidak terlalu keras seperti yang sering dimainkan oleh Linkin Park, Limp Bizkit, dan grup band aliran rock alternative lainnya.
  3. Meski anda menyukai music rock, cobalah belajar dari lagu – lagu mellow karena biasanya kata – katanya diucapkan dengan jelas.

0 comments:

Post a Comment