Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Thursday, 18 April 2013

Huznudzonlah pada Tempatnya

      No comments   
Huznudzon atau berbaik sangka sangat dianjurkan
mindahin dari : fsui.wordpress.com

Bahkan dalam sebuah hubungan persaudaraan, sikap huznudzon harus lebih dikedepankan, apalagi jika orang yang bersangkutan bukanlah orang yang memiliki track record buruk.

Dalam sebuah pertemuan, ketika ada salah seorang saudara tidak hadir maka carilah 99 alasan yang membenarkan ketidakhadirannya hari itu. Karena itulah banyak kata 'mungkin' dalam pencarian kebenaran tersebut. Anjuran inilah yang disampaikan oleh Imam Hasan Al Banna dalam tulisan - tulisannya, sebuah adab dalam bersaudara.

Mungkin salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari penyakit hati yang kadang melanda manusia yang memang selalu berpotensi untuk terjerumus dalam maksiat. 

Lalu timbul sebuah pertanyaan, apakah harus selalu berhuznudzon dalam setiap kondisi?

Sebuah kondisi saat berhadapan dengan orang yang sudah jelas bersalah tentu sikap huznudzon tak bisa diandalkan. Jika ini menjadi pegangan dalam penyelesaian setiap kasus, walhasil tak ada satu pun yang akan dinyatakan bersalah dan semua lepas dari tuduhan. 

Bertemu dengan orang yang sudah jelas kesalahannya tentu akan menimbulkan sikap waspada dan hati - hati. Ibarat tengah berperang, membaca strategi musuh menjadi hal yang utama untuk memenangkan peperangan. 

Ketika sikap hati - hati atau waspada dikatakan sebagai su'udzon maka adalah tidak benar. 

Berhadapan langsung dengan musuh haruslah memiliki sikap yang benar, membaca situasi dan gerak gerik dengan seksama. Hal ini diperlukan agar musuh tak bisa mengecoh yang kemudian dengan mudahnya melancarkan aksi serangan tanpa kita sadari. Akhirnya taktik yang telah disiapkan menjadi sia - sia karena salah meletakkan sikap. 

Oleh karena itu bersikap huznudzon itu penting namun haruslah pada tempat yang tepat. Memandang suatu hal dari berbagai sudut pandang sangat diperlukan karena ia dapat menjadi celah munculnya kemenangan. 

Sebagai contoh jika saja seorang penyidik atau pun orang - orang yang bertugas untuk menyelidiki suatu kasus terlalu mengedepankan sikap huznudzon maka mereka yang terlibat dalam kejahatan akan lepas dengan mudah. 


0 comments:

Post a Comment