Unordered List

Blog Archive

Sample Text

Setiap kali aku malas baca Al Quran dan buku - buku, aku selalu ingat bahwa anak - anakku kelak berhak dilahirkan dari rahim seorang perempuan cerdas lagi sholehah

Followers

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Ordered List

Contact Us

Name

Email *

Message *

Friday, 26 December 2014

Surah Al Baqarah

      1 comment   
Aku posting foto Kalisa yang sedang di rumah sakit melalui smartphone kak Adek dan Usup komen. Katanya ruqyah dengan Al Baqarah kak. Wowww kalo yang baca komen begini mungkin akan mikir si Kalisa sakit karena diguna-guna atau apalah. 

Well, mudah-mudahan dengan tulisan sedikit ini aku bisa kasih penjelasan mengenai keutamaan surah AL Baqarah. Salah satunya, dalam anjuran Rasulullah SAW, saat kita menempati rumah atau gedung baru, sebaiknya hal pertama yang kita lakukan adalah membaca surah Al Baqarah di dalamnya.

Bukan maksudnya mau mengusir atau apa-apa. Hanya saja, rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al Baqarah maka setan ga akan masuk ke dalamnya. Makanya dalam dzikir Al Ma'tsurat di awal adalah membaca beberapa ayat dalam surah al Baqarah. Lima ayat pertama, ayat kursi, dua ayat setelah ayat kursi dan 3 ayat terakhir dari surah tersebut. Tujuan sebanarnya adalah kita memohon perlindungan Allah dari gangguan jin.

Tentang al baqarah aku punya pengalaman. Dari kajian yang kuikuti, Al Baqarah juga membantu kita untuk meruqyah diri sendiri. Jadi kalo kita ngerasa engga nyaman dengan diri sendiri dan merasakan kemalasan dalam ibadah, mungkin kita sedang banyak jin nya hehehe.... Nah biar lebih ringan silahkan baca surah kedua dalam al Quran ini, mulai dari ayat pertama hingga terakhir yaitu ayat 286. 

Memang sangat panjang, hampir 3 juz. 

Aku pernah melakukannya ketika berada di lokasi KKN dulu karena hampir dua minggu sulit untuk tidur. Merasa tidak nyaman dan takut. Yah emang salah sendiri sih, kurang ngaji kali ya. Malam itu setelah maghrib kucuba baca surah itu sendirian (ada teman-teman lain tapi mreka dengan kegiatan masing-masing). 

Berhenti sejenak untuk sholat Isya dan lanjut baca lagi. Karena aku belum pernah ikut ruqyah dan sejenisnya, maka aku kurang tahu bagaimana reaksi yang biasa muncul. Kalo dari video yang beredar, biasanya jika memang ada sesuatu kitanya akan merasa mual-mual. 

Dan itulah yang kurasakan!! Jelang jam 9 malam tinggal beberapa lembar terakhir. Mataku sudah mulai berkunang-kunang dan kepala jadi pusing. Di dua lembar terakhir perutku berputar-putar dan tak lama kemudian rasa mual itu datang. Hoekkkk!!! 

Awalnya kupikir, wah ada jin nya nih. Mungkin benar. Kulanjutkan hingga ayat terakhir dan rasanya nyaman sekali. Boleh dicoba loh... 

Sebenarnya selain itu aku berpikir reaksi yang kualami karena efek kelamaan duduk dan baca Quran tanpa henti selama hampir dua jam. Tidak ada hubungannya dengan baca al baqarah. Tapi memang sejak itu aku bisa tidur lebih nyaman di lokasi kkn tanpa harus merasa takut akan melihat sesuatu yang mengerikan. 

Bagaimana pun juga, Al Quran disebut asy syifa yang berarti obat. Ia adalah obat segala penyakit selain kematian. Aku sangat percaya, penyakit apapun bisa disembuhkan melalui al quran. Penyakit apapun bisa dicegah dengan senantiasa membaca al quran. 

Ingat penelitian seorang ilmuwan Jepang tentang air kan? Bagaimana air yang dibacakan kalimat Allah SWT mempunyai bentuk molekul yang lebih baik daripada air yang dibacakan perkataan buruk. 

Nah tubuh kita 75% terdiri dari air. Bayangkan jika al quran itu senantiasa kita baca dan dengar. Bukankah hasilnya akan lebih menakjubkan? Wallahu'alam 

Hanya saja jangan sampai kita terlalu mengistimewakan suatu ayat. Ayat hanyalah ayat, ia tak akan berfungsi jika Allah tak berkehendak. Semua penyakit Allah yang ciptakan, maka cara menyembuhkannya hanya melalui Allah. 

Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. Kalo gue 3 lembar mata dah berkunang - kunang, wkwkwk

    ReplyDelete