Saturday 19 May 2012

Ahdafut Tarbiyah

Sedikit tidak konsentrasi dengan kajian pagi ini. Selain disibukkan mencari dalil dan gambar tentang shalat berjamaah untuk program di posko KKN, juga ditambah pencarian murottal surah Al Baqarah untuk di posko juga. Meski demikian ada beberapa poin yang saya catat dengan rapi tentang beberapa hal yang menjadi alasan, mengapa kita harus tarbiyah.

Ahdafut tarbiyah itu artinya tujuan tarbiyah. Ada enam hal yang menjadi tujuan dari tarbiyah, semoga bisa menjadid gambaran agar kaki ini lebih mantap lagi untuk bergerak dengan tarbiyah islamiyah al harakiyah
Pertama, untuk mendapatkan persepsi yang benar tentang Islam. Kedua agar bisa berinteraksi dengan Islam. Ketiga, dalam konteks harakah, orang yang sudah tertarbiyah maka wajib untuk bergerak, dalam artian menyebarkan kembali ISlam di masyarakat dengan metode yyang sudah ada. Keempat, agar mendapatkan pengalaman baik dalam pergerakan maupun yang lainnya. Kelima, untuk mengemban amanah kepemimpinan yang jika diserahkan pada orang lain yang tidak mumpuni, maka bisa terjadi kerusakan. Keenam, untuk meningkatkan kemampuan (kafaah) fikriyah (pemikiran).

Karena dengan ustadz baru, maka cara penyampaiannya juga baru. Mudah - mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment